home Berita Terkini, Bus & Truk, Karoseri Bus-bus Eropa (Masih) Jadi Kiblat Industri Karoseri Indonesia

Bus-bus Eropa (Masih) Jadi Kiblat Industri Karoseri Indonesia

Bus-bus Eropa (Masih) Jadi Kiblat Industri Karoseri Indonesia

Jakarta, MobilKomersial.com – Umumnya, bus-bus yang dibangun dan dipasarkan oleh sebagian industri karoseri besar di Indonesia berkiblat pada desain bus-bus yang sedang populer di daratan Eropa. Contohnya seperti terlihat pada bus-bus karya karoseri Adi Putro dan Morodadi Prima di Malang Jawa Timur.

Sejumlah model bus yang diproduksi kedua karoseri ini berkiblat pada bus-bus buatan Setra yang terafiliasi dengan pabrikan bus Mercedes-Benz. Misalnya, pada bus Jetbus 2+. Desain bus buatan Adi Putro ini sangat mendekati desain bus Setra Top Coach 500 buatan body builder Setra.

Demikian juga halnya pada bus terbaru buatan Morodadi Prima. Salah satu model bus larisnya desain pilar kaca sampingnya menyerupai desain bus Tourismo terbaru dari Setra.

Apakah bisa disebut plagiat? Tidak juga. Ini karena kedua karoseri tidak meniru 100 persen desain dari Setra. Lihatlah pada desain cowl depan dan belakangnya. Lampu-lampu yang dipakai seperti unit headlamp dan rear stoplamp sama-sekali tidak sama dengan bus-bus buatan Setra di daratan Eropa.

Baca Juga : Laksana Bus Rayakan Ultah Yang Ke-40 Dengan Luncurkan Bus

Selain berkiblat pada desain bus Eropa, karoseri Adi Putro juga meniru kreativitas bus-bus buatan pabrikan Jepang seperti Toyota. Ini oleh Adi Putro diaplikasikan pada bus mediumnya. Misalnya seperti terlihat pada bus medium Adi Putro yang diberi mama Jetbus 2+ MD.

Desain bus ini menyerupai desain bus Toyota Coaster di Jepang. Adi Putro pernah memamerkan bus medium Jetbus 2+ MD ini di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, bulan Agustus 2015 lalu di BSD City, Tangerang Selatan. Bagaimana pendapat Anda, seberapa mirip kedua bus ini?

 

Tinggalkan Balasan