Truk yang Overload Di-sanksi dan Ditempeli Stiker Pelanggaran

Truk yang Overload Di-sanksi dan Ditempeli Stiker Pelanggaran

Berita Terkini Transportasi

MobilKomersial.com –  Truk yang Overload Di-sanksi dan Ditempeli Stiker Pelanggaran. PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI berhasil menjaring puluhan truk yang kedapatan mengangkut barang melebihi batas ketentuan (overtonase) melintas di ruas jalan tol Prof Dr Sedyatmo, di dekat pintu tol Kapuk, dalam operasi penertiban truk overtonase di ruas tol tersebut sejak Selasa (22/8/2017) lalu. Operasi penertiban ini akan berlangsung sampai tiga hari pada Kamis (24/8/2017).

Operasi Kendaraan Overload

General Manager Cabang Cawang Tangerang Cengkareng, Bagus Cahya AB mengatakan, dalam menggelar operasi kendaraan overload tersebut pihaknya melakukan pemeriksaan kendaraan yang membawa beban overload dan berjalan lambat. Petugas di lapangan kemudian melakukan pengukuran beban tonase kendaraan menggunakan peralatan Electronic Axle Load Scale.

Truk-truk Terjaring

“Sanksi yang diberikan berupa penempelan stiker bukti pelanggaran serta penempelan stiker himbauan dan sosialisasi, serta tindakan penilangan yang dilakukan oleh pihak kepolisian,” ungkap Bagus. Truk-truk yang overtonase tersebut sangat beragam, mulai dari truk kecil dengan gross vehicle weight (GVW) di bawah 10 ton, truk medium duty sampai truk dengan sumbu 3 atau lebih. Truk-truk yang terjaring ini mengangkut aneka komoditi mulai dari gula pasir, kertas, marmer sampai bijih plastik.

Operasi Rutin

Bagus menjelaskan, operasi penertiban ini rutin dilakukan di sejumlah ruas tol Jasa Marga dalam rangka menegakkan UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Pemerintah No 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol, khususnya yang mengatur tentang kendaraan dengan MST (Muatan Sumbu Terberat) yang boleh melewati jalan tol.

Penyuluhan Tertib Berlalu Lintas

Selain melakukan penindakan, Jasa Marga Cabang Cawang Tangerang Cengkareng juga akan menyelenggaraan penyuluhan tertib dalam berlalu lintas serta tes tekanan darah untuk pengemudi truk.

 

 

 

Penulis: M Arief

Tinggalkan Balasan