Kunjungi Pariwisata Tasikmalaya Menjadi Acara Pembukaan Jamnas VW ke-48

Kunjungi Pariwisata Tasikmalaya Menjadi Acara Pembukaan Jamnas VW ke-48

Berita Terkini Komunitas Pilihan

MobilKomersial.com –  Kunjungi Pariwisata Tasikmalaya Menjadi Acara Pembukaan Jamnas VW ke-48. Jambore Nasional VW yang ke-48 telah di gelar. Ribuan mobil VW dari berbagai kota di Indonesia hadir untuk memeriahkan acara yang berlangsung di kantor DPRD Kabupaten Tasikmalaya pada hari sabtu dan minggu (19-20 Agustus 2017) tersebut.

“Kegiatan Jambore Nasional VW ini biasa kami adakan selama 2 tahun sekali. Alhamdulilah kali ini, kabupaten Tasikmalaya dipilih untuk menjadi tuan rumah. Suatu kehormatan bagi kami selaku tuan rumah dipilih untuk melaksanakan event besar ini,”  ujar Hendi selaku humas panitia Jamnas VW yang juga tergabung dalam Vecta ( Volkswagen Club Tasikmalaya).

Acara Jambore Nasional ini dihadiri lebih dari 1.000 vw dari berbagai belahan di tanah air. Berbagai kegiatan telah disiapkan panitia untuk memeriahkan acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut. Diantaranya seperti :

Rolling Thunder menuju Karangmulyan

Hari pertama diisi dengan Rolling Thunder yang pelaksanaannya pelepasannya dilakukan di Bale Kota Tasikmalaya. Walikota Drs. H. Budi budiman membuka kegiatan rolling thunder tersebut. Rolling thunder ini diisi dengan mengunjungi lokasi situs purbakala karang kamulyan. Di Karang Kamulyan, mereka akan mengadakan penanaman bibit pohon serta pengenalan lokasi karangkamulyan (Ciung Wanara) lebih dekat. Legenda situs Karangkamulyan berkisah tentang Ciung Wanara yang berhubungan dengan Kerajaan Galuh. Cerita ini banyak dibumbui dengan kisah kepahlawanan yang luar biasa seperti kesaktian dan keperkasaan yang tidak dimiliki oleh orang biasa namun dimiliki oleh Ciung Wanara.

Situs Karangmulyan

Karangmulyan ini juga dapat dikatakan sebagai situs yang sangat strategis karena berbatasan dengan pertemuan dua sungai yakni Sungai Citanduy dan Cimuntur, dengan batas sebelah utara adalah jalan raya Ciamis-Banjar, sebelah selatan sungai Citanduy, sebelah barat merupakan sebuah parit yang lebarnya sekitar 7 meter membentuk tanggul kuno, dan batas sebelah timur adalah sungai Cimuntur. Karena merupakan peninggalan sejarah yang sangat berharga, akhirnya kawasan ini ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya oleh Pemerintah Indonesia

Menuju Kampung Naga

Setelah itu dilanjutkan dengan menuju lokasi kampung adat (Kampung Naga) dimana di lokasi ini, akan ada pelepasan benih ikan. Kampung naga yang terletak di tasikmalaya ini merupakan suatu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang teguh adat istiadat peninggalan leluhurnya. Mereka menolak intervensi dari pihak luar jika hal itu mencampuri dan merusak kelestarian kampung tersebut.

“Jambore Nasional yang diadakan di Tasikmalaya ini selain menjadi ajang silahturami para penikmat VW, kami juga mengadakan bakti sosial dengan mengunjungi kampung naga. Kampung Naga merupakan salah satu pariwisata wajib dikunjungi saat berada di Tasikmalaya. Dan banyak juga orang tidak mengetahui keberadaannya. Dari 10 orang yang sayan tanya, 8 diantaranya tidak tau. Dengan kegiatan Rolling thunder ini, setidaknya mereka jadi tau akan lokasi pariwisata ini,”   terang Komjem Pol (Purn) Drs. Nanan Soekarna kepada MobilKomersial.com

Sementara itu Walikota Tasikmala, Drs. H. Budi budiman mengucapkan ,”Terima kasih banyak kepada komunitas VW yang mengadakan acara Jambore Nasional ini di Tasikmalaya. Dengan diadakan di Tasikmalaya tentu akan lebih mengenal kota Tasikmalaya, yang tentu akan membantu mempromosikan daerah kami, seperti penginapan-penginapan, kuliner serta kota tasikmalaya merupakan kota kerajinan dan juga lebih mengenalkan kota kami kepada khalayak ramai,” ujar nya kepada MobilKomersial.com saat ajang pelepasan rolling thunder di bale kota Tasikmalaya.

( Baca Juga : Jambore Nasional VW Ke-48 Juga Mengajak Komunitas Lain Mencanangkan Deklarasi Anti Narkoba )

Tinggalkan Balasan