home Berita Terkini, Transportasi Guna Penghubung Antarkota, Terminal Bus Cilacap Akan Diperbesar

Guna Penghubung Antarkota, Terminal Bus Cilacap Akan Diperbesar

Cilacap, MobilKomersial.com Guna Penghubung Antarkota, Terminal Bus Cilacap Akan Diperbesar. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi siap memperbesar terminal bus tipe A di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah kendati pemerintah pusat telah membangun terminal megah senilai Rp 40 miliar yang baru diresmikan pada 5 Juli 2017.

Usai mengunjungi terminal bus bernama Bangga Mbangun Desa, Budi mengatakan jika pemerintah daerah menyediakan tambahan lahan maka Kementerian Perhubungan akan memperluas terminal itu.

“Cilacap memiliki terminal yang bagus. Sekarang sudah bagus bahkan Pak Bupati berjanji menambah lagi tanah. Nanti kalau nambah tanah, kita bangun lagi,”   katanya didampingi Bupati Cilacap Tatto Suwarto, Minggu (6/8).

Ia mengatakan pemerintah pusat mulai membangun terminal bus karena ingin membuat konektivitas di seluruh kota khususnya bus karena transportasi massal itu kurang diminati.

“Supaya orang mau menggunakaan bus dan menggunakan transportasi massal. Tidak menggunakan motor karena berbahaya,”   katanya.

Keunggulan Bus

Dia mengatakan bus memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh angkutan massal lain yakni menghubungkan satu titik ke titik lain secara langsung.

“Kita ingin terminalnya bagus, aman, bebas calo dan busnya bagus-bagus. Pasti orang mau,” katanya.

Bupati Cilacap

Sementara itu Bupati Cilacap Tatto Suwarto mengatakan dengan lancarnya transportasi maka ekonomi pun akan meningkat karena dari Cilacap akan terhubung dengan Banyumas, Purwokerto dan kota-kota lainnya sehingga arus perdagangan akan lebih mudah.

“Oleh karena itu untuk Cilacap ini, saya minta kepada Pak Menteri untuk diperluas karena ini masih sempit. Saya siapkan lahan ini,”   katanya.

Dalam kunjungan itu, Budi sempat berdialog dengan agen bus yang menjual terminal dan menyapa sejumlah penumpang yang hendak bepergian ke Jogyakarta.

Terminal bus tipe A “Bangga Mbagun Desa” di Cilacap diresmikan oleh Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto pada 5 Juli 2017.

Melengkapi

Keberadaan terminal ini melengkapi jumlah terminal bus megah yang telah dibangun Kementerian Perhubungan seperti Solo, Surabaya dan Ponorogo, Pulugebang di Jakarta. Terminal bus Cilacap memiliki lima lajur keberangkatan bus antarkota antarprovinsi dan sembilan jalur bus antarkota dalam provinsi dan tiga jalur kedatangan.

 

Sumber : Antara

 

Tinggalkan Balasan