home Berita Terkini, Profil, Sports Ali Adrian, Pebalap Masa Depan yang Bermimpi Tampil di MotoGP

Ali Adrian, Pebalap Masa Depan yang Bermimpi Tampil di MotoGP

Ali Adrian, Pebalap Masa Depan yang Bermimpi Tampil di MotoGP

Tangerang, MobilKomersial.com – PT Pertamina (Persero) menggelar acara meet & greet pebalap motor masa depan Indonesia, Ali Adrian Rusmiputro, diajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, pada Selasa (15/8/2017).

Acara meet & greet ini digelar dengan tujuan untuk mempertemukan sang pebalap dengan komunitas dan para penggemarnya. Selain itu, acaranya ini juga sebagai sarana untuk memberikan dukungan kepada pebalap kelahiran Jakarta, 29 September 1993 ini.

Ali Adrian, Pebalap Masa Depan yang Bermimpi Tampil di MotoGP
Ali Adrian, Pebalap Masa Depan yang Bermimpi Tampil di MotoGP

Pebalap motor yang didukung oleh PT Pertamina (Persero) ini sedang memperjuangkan mimpinya menjadi pebalap motor Indonesia pertama yang terjun di arena balap MotoGP dengan mengikuti kejuaraan balap motor kelas baru, yaitu FIM World Championship Supersport 300 dibawah bendera Pertamina Almeria Racing.

Kenal Otomotif

Lahir dari orang tua yang tidak asing dengan dunia balap, Ali telah mengenal dunia otomotif sejak berusia 3 tahun dan mulai mengawali karirnya pada usia 9 tahun. Memulai perkenalannya dengan dunia balap melalui motocross. Ajang balap tersebut memberikan Ali kesempatan untuk mengasah kemampuannya dalam hal kontrol dan mengendarai motor layaknya pebalap profesional. Seiring perkembangan waktu, Alimemilih untuk menekuni bakat balapnya di zona aspal.

Ikuti Kejuaraan

Memasuki usia 14 tahun, Ali memulai karirnya dengan mengikuti banyak kejuaraan balap di berbagai negara. Mengawali dengan mengikuti National Championship of Indonesia Motorprix, Ali menunjukkan potensi besarnya didunia balap yang membuatnya banyak dilirik oleh pemandu bakat dari Eropa.

Hingga pada akhir tahun 2012, Ali berkenalan dengan David Garcia, seorang manajer balap dan pemilik sirkuit International Circuito de Almeria, serta orang yang mengantarkan Esteve “Tito” Rabat menjadi juara dunia Moto 2 pada tahun 2014.

Ali Adrian, Pebalap Masa Depan yang Bermimpi Tampil di MotoGP
Ali Adrian, Pebalap Masa Depan yang Bermimpi Tampil di MotoGP

Perkenalannya ini terjadi ketika Ali sedang berada di Spanyol untuk mengikuti ajang balap junior Superbike. Ketika di Spanyol itulah Ali dikenalkan oleh seseorang ke David Garcia, yang dalam prosesnya selama di Spanyol menimbulkan ketertarikan Garcia untuk menggembleng Ali. Tidak lama setelah perkenalan itu, David Garcia menawarkan kontrak kepada Ali untuk menjadi salah satu pebalapnya.

David Garcia

Penyuka makanan gemblong ini pun tidak membutuhkan waktu lama untuk membubuhkan tanda tangannya pada lembaran kontrak yang ditawarkan David Garcia kepadanya. Setelah terikat kontrak, Ali diharuskan mengikuti beberapa kejuaraan balap di Spanyol, yang mengharuskan pebalap penggemar nomor 12 ini untuk bermukim di Spanyol.

FIM WAAP 300

Pebalap dibawah naungan Pertamina Almeria Racing ini sekarang sedang menjalani rehat setelah melewati paruh pertama musim balap yang cukup memuaskan di ajang FIM WSSP 300. Ali berhasil mengumpulkan 11 poin dari lima balapan yang digelar pada musim 2017. Keberhasilan tertinggi Ali diperoleh dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Donington Park, Inggris. Pada putaran keempat tersebut, Ali masuk dalam 10 besar dengan menyelesaikan balapan diurutan 7.

Pencapaian ini cukup memuaskan sang manajer, David Garcia, karena menurut manajernya tersebut Ali merupakan satu-satunya pebalap Asia yang mampu finish diurutan 10 besar, yang mana didominasi oleh pebalap Eropa.

Potensi Yang Besar

Dengan besarnya potensi yang ditunjukkan oleh Ali Adrian, berbagai dukungan pun mengalir dari berbagai pihak, seperti Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, dan yang lainnya. Dan sebagai dukungan tambahan untuk prestasinya, Ali kini dilatih oleh Maturana sebagai pelatih pribadinya. Maturana dikenal sebagai pelatih Maverick Vinales yang kini berlaga di ajang MotoGP.

 

Iwan Fals Menjadi Sosok Yang Tepat Mewakili Mitsubishi Fuso

Tinggalkan Balasan