home Berita Terkini, Mancanegara Volvo Ujicoba Truk Sampah Otonom, Bisa Dikendalikan Lewat Suara

Volvo Ujicoba Truk Sampah Otonom, Bisa Dikendalikan Lewat Suara

MobilKomersial.com – Volvo Ujicoba Truk Sampah Otonom, Bisa Dikendalikan Lewat Suara. Seiring perkembangan teknologi kendaraan otonom, segmen kendaraan berukuran besar seperti truk pun ternyata tidak mau ketinggalan. Seperti yang dilakukan oleh pabrikan kendaraan asal Swedia, Volvo yang mengenakan teknologi truk mereka yang berjalan sendiri atau disebut otonom.

Diungkap dari Motor1, di Swedia, Volvo Trucks bekerja sama dengan perusahaan pengelolaan limbah, Renova, menguji coba truk untuk mengangkut sampah berteknologi semiotonom. Pengembangan tersebut diklaim Volvo agar sopir truk bisa bekerja lebih baik.

Jika meilhat dari teknologinya, cara mengendarai truk ini pun cukup mudah. Mulanya truk dikendarai secara manual oleh sopir ke rute yang akan dituju. Setelah kamera dengan bantuan sensor dan GPS berhasil memetakan rute yang dituju, sistem pada truk mulai mengumpulkan informasi dan secara otomatis, truk mengetahui rumah mana yang sampahnya harus diangkat. Kerennya, Truk juga bisa mundur dengan otomatis lewat perintah suara dikombinasikan dengan GPS, dan sistem LiDAR.

“Sopirnya tak perlu repot-repot untuk naik dan turun truk setiap ingin berjalan atau berhenti. Karena itu juga bisa menyebabkan cedera lutut atau bahkan cedera lain,”  kata pihak Volvo seperti dilansir Drivespark, Jumat (19/5/2017).

Kabar baiknya, pengoperasian truk semiotonom ini memudahkan pekerjaan sopir dengan tidak perlu lagi sibuk naik-turun ke kabin untuk mengambil sampah. Selain itu, truk bisa bermanuver sendiri ketika melewati jalan sempit dan ramai, sehingga mengurangi risiko berbenturan dengan kendaraan lain. Teknologi otonom juga bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menekan emisi gas buang.

Kabarnya, saat ini truk sampah otonom masih dalam tahap uji coba hingga akhir tahun baru kemudian dilakukan evaluasi.

Tinggalkan Balasan