home Berita Terkini, Tips Mau Beli Helm SNI? Kenali Dulu Tipsnya Agar Tidak Salah Beli

Mau Beli Helm SNI? Kenali Dulu Tipsnya Agar Tidak Salah Beli

MobilKomersial.com – Mau beli helm SNI? kenali dulu tipsnya agar tidak salah beli. Dalam membeli helm, kita harus lebih bijak dan tetap berlaku ungkapan “harga tidak bohong”. Jangan juga berpatokan dengan harga untuk menebus sebuah kualitas. Sebelum membeli pentingnya bertanya dan tampung seluruh informasi produk.

Jaman sekarang sangat mudah mendapatkan informasi produk, tinggal kita mengumpulkan info dari opini teman, sahabat, keluarga dan kerabat dalam hal setelah menggunakan helmnya. Evaluasi dalam menentukan tipe dan merek helm kesukaan, kenyamanan dan bersertifikat.

Jangan lekas terpincut dengan harga murah dan tampilan menarik. Langkah awal jangan segan–segan memegang dan memeriksa kondisi helmnya. Kemudian mengenai standar keamanan, pastikan memiliki serifikat asli SNI yang sudah pasti setara kualitas standarisasi international seperti Department of Transportation (DOT) ataupun SNELL. Acuan standarisasi di Indonesia adalah Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan khasnya berlogo muncul dipermukaan (emboss) di bagian belakang.

Baca Juga : Ini Dia Cara Agar Helm Tidak Bau Apek

Periksa tampilan batok helm, mulai dari bahan bakunya hingga bentuk lingkaran batoknya. Helm berkualitas dipastikan berkonstruksi kekar dengan pengerjaan rapih. Pastikan juga komponen tali pengikat kepala berciri tebal, kenyal dan elastis. Jenis pengikat ini terdapat dua tip. Tali pengikat helm yaitu berjenis micromatic dan double D ring. Jenis Micromatic yaitu berisi tangga tahapan kekencangan ukuran pengikat. Sedangkan jenis double “D” ring yaitu pengaitan dua tahap ke lingkaran berbentuk huruf “D” dan dilanjutkan ke kancing pengunci. Biasanya helm bertali double “ D” ring, banyak digunakan di helm fullface untuk kompetisi.

helmsniNHK

Berikutnya adalah pastikan ukuran helm dan modelnya sesuai dengan bentuk kepala. Dalam membeli helm, tidak hanya dengan performa dan kulitas materialnya, namun unsur gaya juga harus di prioritaskan. Pilih helm dengan tingkat kenyaman baik di kepala. Perhatikan ventilasi benar–benar berfungsi yang akan membuat kepala pengendara mendapatkan sirkulasi udara, agar kepala terasa sejuk. Berikutnya adalah memilih kaca helm (visor), sebaiknya berwarna bening (clear). Namun saat ini, helm asli SNI telah melengkapi dengan double visor (dua kaca untuk berkendara siang hari dan malam hari). Dua fungsi kaca pelindung mata dan wajah pengendara, Ini merupakan salah satu ciri helm berkualitas dan bersertifikasi.

Mulailah dari sekarang, hanya membeli dan memakai produksi dalam negeri yang tidak kalah kualitasnya.

Tinggalkan Balasan