home Berita Terkini, Tips Tips Agar Nyaman dan Aman Berkendara Saat Berpuasa

Tips Agar Nyaman dan Aman Berkendara Saat Berpuasa

Tips Nyaman dan Aman Berkendara Saat Berpuasa

MobilKomersial.com – Di bulan Ramadhan pola kebiasaan masyarakat sedikit berubah. Sebut saja lalu lintas di pagi hari yang sedikit lengang dan tak seperti biasanya.

Entah karena banyak orang yang berangkat beraktivitas lebih pagi, atau agak siang lantaran tidur lagi setelah sahur. Yang pasti, pemandangan seperti ini jarang terjadi, terlebih di kota-kota besar seperti Jakarta.

Kondisi serupa biasanya juga bakal terjadi di sore menjelang malam. Bila biasanya kepadatan lalu lintas rutin terjadi pada sekitar pukul 17.00 WIB, di bulan puasa akan berbeda. Karena banyak perkantoran mempercepat waktu pulang karyawannya, kemacetan di sore hari pun menjadi lebih awal dari sebelumnya.

Kegiatan ibadah ini pun akan sedikit memberatkan kegiatan sehari-hari, terlebih jika Anda sering berkendara. Saat berkendara sambil berpuasa, Anda akan mudah terserang kantuk, lelah dan berkurangnya konsentrasi.

  1. Lakukanlah olahraga ringan seperti pemanasan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Jika Anda merasa mengantuk, sebaiknya jangan berkendara dan istirahatlah sejenak.

Bila rasa kantuk ini menyerang saat Anda berkendara, maka segera menepi di tempat aman dan istirahat atau tidur sejenak. Hal ini dilakukan untuk menyegarkan badan kembali sebelum melanjutkan aktifitas mengemudi.

  1. Berusahalah untuk selalu sopan dan sabar saat menghadapi pengguna jalan lain untuk menghindari pertikaian.

  2. Pilih jalur alternatif jika Anda berkendara saat menjelang adzan Maghrib. Biasanya, lalu lintas sangat padat saat menjelang Maghrib, lantaran banyak orang ingin berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Jika terpaksa, persiapkan air mineral serta makanan ringan untuk berjaga-jaga jika harus berbuka puasa di dalam mobil.

  3. Kurangi kecepatan dan sesuaikan dengan kondisi jalan serta cuaca saat berkendara. Yang penting adalah berkendara dengan santai. Jangan terburu-buru menuju rumah untuk berbuka puasa. Selain membahayakan keselamatan, tindakan ini bisa memicu masalah lain yang lebih buruk.

  4. Kelengkapan radio. Pastikan audio di mobil Anda dapat berfungsi dengan baik agar dapat digunakan memantau siaran tanda berbuka puasa, sekaligus untuk memantau kondisi jalan.