Siroco

Wow! Bus Konsep di Kanada Ini Dirancang Mirip Sepeda Motor

Berita Terkini Bus Bus & Truk Mancanegara

Wow! Bus Konsep di Kanada Ini Dirancang Mirip Sepeda Motor

MobilKomersial.com – Kebanyakan kendaraan konsep masa depan memiliki bentuk dan desain yang unik bahkan bisa dibilang sedikit “nyeleneh”. Bukan hanya motor dan mobil, bus pun tak lepas dari inovasi yang unik. Seperti bus yang didesain oleh seorang desainer sekaligus ilmuwan asal Montreal, Kanada, Bing Xiao Liu ini yang mendesain moda transportasi dengan inovasi terbaru, di mana sebuah bus dibuat terinspirasi dari sepeda motor.

Bing Xiao Liu menciptakan sebuah kendaraan hybrid yang diberi nama Siroco, dimana digambarkan sebagai bus sepeda motor pertama di dunia. Bentuk bus tersebut memang terlihat seperti sepeda motor yang memiliki roda dua. Hanya saja, bus sepeda motor ini dirancang agar bisa membawa lebih dari dua penumpang dengan menggunakan enam roda yang dipasang sejajar mirip seperti sepeda motor.

Dilansir Dailymail, Sabtu (15/4/2017), agar seimbang, bus Siroco akan menggunakan konsep mirip dengan teknologi Riding Assist Honda serta BMW Motorrad Vision. Bus Siroco akan menyematkan teknologi gyroscopic, sehingga bus akan tetap menyeimbangkan diri tidak akan jatuh meski posisi penumpang tidak berubah maupun saat kendaraan itu menikung.

Menurutnya, dengan teknologi tersebut bus dapat membuat Siroco tetap tegak, meski dalam berbagai kondisi kecepatan berapapun.

Bus tersebut diklaim mampu memakai lebih sedikit ruang di jalan dan menghemat energi dengan tubuhnya yang aerodinamis.  Liu menambahkan, posisi penyimpanan baterai juga dibuat di tempat yang dapat meningkatkan posisi pusat gravitasi bus.

Siroco berpotensi membawa 12 orang penumpang dengan dilengkapi berbagai kenyamanan termasuk kabin ber AC.

Bus ini nantinya akan tersedia aplikasi canggih, seperti dapat membaca rute dan kecepatan selama perjalanan, meng-update kondisi lalu lintas dan jalan, serta membaca kondisi cuaca.

Meskipun masih tahap prototipe, Siroco juga disebut dapat digunakan untuk mengangkut penumpang antar kota kecil dengan kondisi jalan yang sempit ataupun kurangnya transportasi umum.

 

Editor : Dimas

Hits: 72