home Berita Terkini, Bus, Bus & Truk, Transportasi Volvo Sediakan 128 Bus Maxi untuk Transjakarta

Volvo Sediakan 128 Bus Maxi untuk Transjakarta

Jakarta, MobilKomersial.com – Produsen bus Volvo, akan menyediakan 128 unit bus ukuran Maxi untuk ikut dalam layanan Transjakarta. Pengoperasian bus baru ini diwujudkan melalui kemitraan dengan PT Steady Safe Tbk.

Transjakarta dan Steady Safe menandatangani kesepakatan kerja sama untuk pengoperasian 128 unit Maxi bus. Kemitraan ini berjangka waktu 10 tahun menggunakan Volvo Bus B11R-370 6×2 yang akan disuplai dan selama operasi mendapatkan perawatan PT Indotruck Utama, anak usaha Indomobil Group yang bertindak sebagai importir dan distributor untuk Volvo Bus.

Di samping Volvo Bus, PT Indotruck Utama juga merupakan dealer untuk Volvo Truck dan Volvo Construction Equipment (alat-alat berat).

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono mengatakan jumlah Volvo bus yang akan dioperasikan adalah 128 unit. Poin ini merupakan kesepakatan antara Transjakarta dengan Steady Safe.

“Diharapkan seluruh unit tersebut dapat terealisasi secara bertahap di kuartal terakhir 2017 ini,” ujar Budi dalam siaran pers, Jumat (31/3).

Volvo B11R-370 6×2 memiliki keunggulan dengan chasis bus yang akan digunakan adalah produksi Volvo Bus Corporation dengan automatic transmission dilengkapi dengan pembatas percepatan (accelerator limiter). Serta suspensi udara (air suspension) di semua roda untuk kenyamanan penumpang dan rem cakram (disc brake) disemua roda untuk menjamin keselamatan.

Chassis bus B11R ini akan dilengkapi dengan karoseri dalam negeri, Laksana di Ungaran, Jawa Tengah, sesuai dengan standar PT Transportasi Jakarta.

 

Sumber :republika.co.id