home Berita Terkini, Teknologi PIT Lakukan Uji Bahan Bakar pada Traktor

PIT Lakukan Uji Bahan Bakar pada Traktor

Mobkom- Image-PIT Lakukan Uji Bahan Bakar pada Traktor
Foto : Truckinginfo

Performance Innovation Transport (PIT), atau Lembaga Performa dan Inovasi Transportasi, baru baru ini melakukan pengujian efisiensi bahan bakar pada traktor tipe 6×2. Hasilnya, jenis tersebut menunjukkan penghematan bahan bakar 2,6-3,5 persen dibandingkan dengan konfigurasi 6×4.

Pengujian ini dilakukan berkaitan dengan uji Energotest PIT di Blainville, akhir bulan lalu. Tes tersebut juga menyimpulkan 6x2s memiliki traksi lebih tinggi dari tipe 6x4s tradisional.

“Tujuan dari uji coba Energotest adalah melakukan tes studi terkontrol untuk industri truk, dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih rendah dari gas rumah kaca (GRK),” ungkap Direktur PIT, Yves Provencher.

Ditambahkan Yves, hasil yang dirilis menunjukkan bahwa untuk kendaraan traktor 6×2 memiliki kinerja yang lebih baik dan hemat bahan bakar dibanding konfigurasi 6×4. Hal ini tentu dapat membantu penghematan yang signifikan untuk armada.

Dalam hasil tes, PIT menggunakan prosedur uji tipe II SAE J1321 untuk konsumsi bahan bakar (SAE International 2012). PIT mengevaluasi kinerja traktor 6×2 dan 6×4 dengan menggunakan tes kereta luncur, dengan metode tarik menarik, untuk membandingkan jarak, kecepatan dan percepatan maksimum. Saat menarik kereta yang sama pada permukaan datar, traktor 6×2 mampu meningkatkan jarak tempuh perjalanan dari 5,4 persen menjadi 13,5 persen.

PIT sendiri akan menjadi tuan rumah Energotest untuk dua tahun berikutnya di Kanada. Dalam ajang ini ditampilkan hasil perbandingan tes konsumsi bahan bakar truk Amerika dan Eropa Utara.

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan