home Berita Terkini, Tips Merawat Kendaraan Komersil Tidaklah Terlalu Sulit

Merawat Kendaraan Komersil Tidaklah Terlalu Sulit

Truk-senter-1Jakarta, MobilKomersial.com – Merawat kendaraan komersial atau niaga sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya perlu luangkan sedikit waktu, untuk mengecek kondisi kendaraan sesuai buku petunjuk perawatan, dan biasakan menggunakan kendaraan secara wajar alias tak berlebihan.

Pengecekan yang dilakukan tak bedanya dengan yang diterapkan pada mobil penumpang, baik untuk mengetahui umur spare parts maupun waktu penggantian komponen.

Intinya adalah, jangan membiarkan komponen yang sudah aus tetap dipakai. Sebab kendaraan komersial punya tugas lebih berat, lantaran peruntukannya buat mengangkut barang dengan jam terbang lebih tinggi ketimbang passenger car.

Pikap Daihatsu Gran Max misalnya. Jika mengalami kerusakan komponen sebelum durasi penggantian normalnya, cermati beberapa kondisi yang dapat mempercepat umur pakai komponen tersebut.Cuci-ban-1

“Sebenarnya mudah, karena semua sudah ada di buku petunjuk pemakaian dan perawatan. Terkadang pemakainya yang sering kurang perhatian sama kendaraan mereka,” kata Yudi Atmajaya atau lebih dikenal dengan Yudi PA, kepala mekanik di salah satu bengkel daihatsu sunter.

Selain perawatan, menurut yudi, masalah lain yang kerap terjadi seperti penggunaan yang tidak selayaknya. Seperti mengangkut muatan melebihi kapasitas yang disarankan. “Masalah seputar kaki-kaki yang paling sering terjadi, khususnya bagian sokbreker. Karena muatannya sering overload, bikin komponen itu cepat rusak,” tandas yudi.

Tinggalkan Balasan