home Berita Terkini, Tips, Transportasi Tips Melakukan Perjalanan dengan Bus Malam

Tips Melakukan Perjalanan dengan Bus Malam

bus malamJakarta, MobilKomersial.com – Bus, hingga saat ini masih menjadi sebuah moda transportasi penting bagi masyarakat Indonesia. Melihat luasnya dataran Nusantara, pesona bus tak akan padam dan akan tetap menjadi transportasi andalan mayoritas masyarakat negeri ini.

Banyak faktor yang mendasari kalimat di atas. Mulai dari jangkauan bus yang lebih luas dari transportasi lainnya, hingga harga yang bisa dibilang lebih bersaing.

Biasanya, bus antar kota atau antar provinsi memiliki jadwal keberangkatan pada malam hari. Alasannya tentu saja faktor lalu lintas yang lebih lenggang ketimbang pergi pada pagi atau siang hari. Selain itu, dipilihnya keberangkatan pada malam hari ialah agar sampai tujuan pada pagi atau siang harinya.

Bagi yang tak terbiasa menggunakan bus untuk perjalanan jauh ke luar kota sangatlah menyiksa, terlebih pada malam hari. Tapi tenang saja, MobilKomersial.com berikan panduan atau tips bepergian menggunakan bus malam.

– Memilih bus
Sangat disarankan memilih bus yang sudah mempunyai nama besar dan memiliki armada yang bagus. Karena Anda akan mendapatkan kenyamanan lebih ketimbang menggunakan bus standar. Ohya, jika memiliki dana lebih, disarankan untuk memilih kelas eksekutif (exe) atau super eksekutif (SE).

– Membeli tiket
Pastikan Anda sudah memegang tiket minimal 1-2 hari jelang keberangkatan, jika memasuki musim liburan, Anda harus memesannya minimal 3-5 hari sebelum keberangkatan. Karena, jika Anda langsung memesan tiket di hari keberangkatan, Anda akan lebih sulit untuk mendapatkannya, terlebih pada malam hari. Jangan lupa berhati-hati terhadap calo tiket. Selain harga yang ditawarkan lebih mahal, biasanya calo sering memaksa calon penumpang untuk membeli tiket darinya.

– Bawa perlengkapan, bekal, obat-obatan dan uang receh
Bawalah perlengkapan untuk di dalam bis, terutama jaket/sweater bagi yang tidak tahan dingin karena AC bis sangat dingin apalagi jika bis tersebut masih baru. Bawa bekal makanan dan minuman untuk diperjalanan. Bawa juga uang receh seribu atau dua ribu untuk buang air di toilet saat bis berhenti. Bawalah obat pribadi jika anda sedang sakit atau mudah mabuk darat.

– Barang berharga
Jika membawa tas berisi laptop atau yang lain, saya sarankan agan ditempatkan di kaki anda agar aman. Ingat! Barang bawaan pribadi adalah tanggung jawab pribadi sendiri. Selalu bawa terus bawaan anda terutama yang berharga saat turun bis untuk makan atau ke toilet.

– Manfaatkan fasilitas
Anda harus memanfaatkan fasilitas yang anda dapat seperti bantal dan selimut. Kursi pun bisa direbahkan dan ada sandaran kaki untuk kelas VIP, exe, dan SE. Toilet, gunakan toilet saat bis sedang berjalan dan toilet bis hanya untuk buang air kecil, jika anda ingin buang air besar segera berbicara kepada kru bis untuk berhenti. Selain itu jika anda pengguna telepon pintar atau smatrphone anda bisa memanfaatkan fasilitas WiFi gratis yang disediakan, WiFi hanya ada dibeberapa PO dan kelas. Jika lowbatt anda bisa charge gadget anda, di bis tersedia colokan listrik di kursi maupun bagasi atas. Colokan pun hanya ada di beberapa PO dan kelas dan juga bis baru.

– Makan
Untuk kelas VIP, exe, dan SE akan mendapatkan servis makan di rumah makan, biasanya prasmanan. Untuk PO ternama anda boleh mengambil lauk sebanyak yang anda mau alias sepuasnya. Biasanya untuk jurusan Jakarta sampai Malang anda akan dapat servis makan gratis 1-2 kali, anda juga dapat snack saat mulai perjalanan atau snack pagi

– Manfaatkan waktu berhenti
Ini yang paling penting. Saat melakukan perjalanan panjang terutama antar propinsi yang memakan waktu lebih dari 12 jam, tentu anda akan merasa pegal karena terus duduk selama berjam-jam. Tips saya manfaatkan waktu saat bis berhenti. Saat berhenti untuk makan dan soloat/kontrol disarankan untuk turun dan selama turun pastikan anda harus berdiri, jangan duduk. Kalau bisa lakukan peregangan kecil-kecilan.

– Mencoba nyaman
Cobalah buat diri anda senyaman mungkin selama perjalanan. Jika anda ingin tidur anda bisa menarik penutup kaca atau hordeng agar tidak ada kilatan cahaya yang menggangu mata. Anda juga bisa merebahkan kursi dan menaikkan sandaran kaki atau leg rest. Jika merasa dingin, anda bisa atur penutup AC dan menarik selimut yang disediakan. Bagi yang ingin nyaman tidak disarankan untuk memilih seat terdepan karena kilatan cahaya dari arah berlawanan dan posisi kita yang ada di atas ban. Seat nomer 2-5 cukup nyaman.

Jika Anda sudah menyiapkan semuanya, Anda akan merasa lebih nyaman dan siap untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan bus malam. Satu hal lagi, Jangan lupa berdoa, agar perjalanan terasa aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan