Sukses di Inggris, Bus Midi Wrightbus Kini Beroperasi di Australia

 Sukses di Inggris, Bus Midi Wrightbus Kini Beroperasi di AustraliaAustralia, MobilKomersial.com – Northern Ireland, Australia, kini memiliki bus mini bernama Wrightbus Streetlife. Bus ini memiliki panjang kurang dari 9 meter dan diklaim 10 persen lebih irit dalam konsumsi bahan bakar.

Northern Ireland sendiri adalah nama perusahaan operator bus tua yang beroperasi di Inggris yang beroperasi sejak 1940-an.

Perusahaan ini berekspansi ke Australia dan New Zealand setelah sebelumnya sukses ekspansi pasar di Hongkong. Northern Ireland di Inggris saja mempekerjakan sekitar 2.000 karyawan.

Untuk menggarap pasar Australia dan New Zealand, Northern Ireland bermitra dengan perusahaan lokal, Patico Automotive, yang berkantor pusat di Kota Melbourne.

Bus berteknologi tinggi ini memiliki total panjang 8,8 meter dan menempatkan mesin pada bagian belakang bus. Untuk melaju, bus ini dibekali mesin diesel 5 silinder terbaru dari Mercedes-Benz dengan standar emisi gas buang Euro6 yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 208 horse power (153 kW) atau 230 horse power (170kW).
Mesin diesel ini memiliki empat katup dengan 2 overhead camshafts dan adjustable exhaust valve timing.

Untuk menekan emisi gas buangnya, bus ini dilengkapi dengan teknologi selective catalytic reduction (SCR), cooled exhaust gas recirculation (EGR) dan sebuah close-loop particular filter.

Karena dimensi bodinya yang lebih kecil, Wrightbus diklaim pas untuk melintasi jalanan sempit perkotaan. Terlebih dengan konstruksi bodinya yang ringan karena menggunakan material aluminium. Namun bnus ini menurut hasil review Busnews, Australia, sedikit berisik pada bagian kabin belakangnya.

 

Penulis : M. Arif

Tinggalkan Balasan