Safety Driving : Saat Kondisi Hujan, Jangan Nyalakan Lampu Hazard, Berbahaya!

jangan-gunakan-lampu-hazard-saat-kondisi-hujan-W49MobilKomersial.com – Pada saat kondisi cuaca hujan deras, salah satu kebiasaan pengendara mobil di jalanan terutama di jalan tol adalah menyalakan lampu hazard (lampu sein kanan dan kiri yang menyala berbarengan depan dan belakang). Padahal, hal itu tidak boleh dilakukan.

Sesuai namanya, lampu “hazard” yang semestinya hanya digunakan dalam kondisi berhenti atau pada kecepatan rendah apabila yang bersangkutan dalam kondisi darurat, seperti misalkan sedang mengganti ban kempes di bahu jalan, atau mobil mogok di bahu jalan, dan sebagainya.

Kebanyakan pemilik mobil di Indonesia menjadikan ini sebagai prosedur yang lumrah, dengan segera menyalakan hazard kala hujan, padahal ini justru berbahaya. Karena kendaraan di belakang akan kebingungan yang akhirnya bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Ketika lampu Hazard dinyalakan maka otomatis akan kehilangan fungsi seinnya. Sehingga tidak bisa memberikan tanda arah yang akan ditujunya. Hal itulah yang bisa membingungkan pengendara lain jika ada kendaraan yang menyalakan lampu hazard dan tiba-tiba berpindah jalur tanpa tanda sein yang dinyalakan.

Dalam kondisi hujan deras atau kabut tebal, kedipan hazard justru akan mengganggu mata kita sehingga konsentrasi menjadi buyar dan kemungkinan terjadi salah memperhitungkan jarak yang dilalui.

Salah persepsi atau salah kaparah penggunaan lampu hazard bukan hanya saat hujan deras saja, tetapi juga pada waktu digunakan untuk konvoi atau iring-iringan kendaraan. Memang dibenarkan konvoi menggunakan hazard, namun itu sifatnya resmi dan hanya boleh dilakukan oleh yang berwenang atau konvoi kendaraan militer yang biasanya disertai dengan voorijder alias pengawalan

Mengendarai mobil bukan hanya sekedar asal mengikuti kebiasaan yang salah. Mulai sekarang biasakan menggunakan lampu hazard sebagaimana mestinya bukan saat hujan deras yang dapat membahayakan pengemudi lain. Dan yang terpenting, jadilah pelopor keselamatan yang baik dalam berlalu lintas.

Berita Terkini