home Berita Terkini, Mancanegara Riset Bus Listrik Scania Yang Baterenya Dapat Isi Ulang sendiri

Riset Bus Listrik Scania Yang Baterenya Dapat Isi Ulang sendiri

Scania Meriset Bus Listrik yang Baterainya Bisa Mengisi Ulang SendiriNordic, MobilKomersial.com – Produsen bus terkenal asal Eropa, Scania, sedang melakukan riset untuk mengembangkan bus listrik ramah lingkungan yang baterainya bisa mengisi sendiri tanpa perlu harus putar balik ke depo.
Proses pengisian ulang baterai di bus ini dirancang bisa dilakukan di setiap halte pemberhentian bus ketika bus menaikkan dan menurunkan penumpang, secara instan untuk kemudian melaju lagi.
Menariknya, proses pengisian baterai ini dirancang tanpa menggunakan kabel, tapi dengan metode induksi.
Riset ini dikembangkan Scania bersama beberapa lembaga dan perusahaan partnernya seperti dan Royal Institute of technology (KTH),   Vattenfall dan Sodertalje Municipality dengan pendanaan untuk kebutuhan riset yang sebagian berasal Pemerintah Swedia.
Project riset ini bertujuan untuk menciptakan transportasi massal perkotaan yang lebih ramah lingkungan, bebas bising dan asap.
Bus listrik untuk riset saat ini sedang diuji coba di Nordic, Swedia.
Hedvig Paradis, bos yang bertanggung jawab di proyek riset ini mengatakan, proses pengisian ulang baterai di setiap halte bus hanya akan memakan waktu 7 menit saja. Baterai yang terisi bisa membuat bus melaju lagi menempuh jarak sekitar 10 km, cukup untuk menjangkau halte atau pemberhentian berikutnya.

Tinggalkan Balasan