home Berita Terkini, Tips Penting! Cek Lampu Sebelum Berkendara

Penting! Cek Lampu Sebelum Berkendara

mobkom-image-tips-memilih-lampu-mobil-yang-baik
Foto: Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Lampu pada mobil memegang peran vital. Tidak hanya menerangi jalan saat Anda berkendara malam hari, lampu juga membantu Anda memberitahu pengemudi lain akan keberadaan kita di jalan.

Sebelum melakukan perjalanan, terlebih malam hari, periksalah kondisi lampu lampu pada kendaraan. Apakah masih menyala dengan baik ataukah sudah mati. Lampu lampu yang perlu diperiksa adalah headlamp, lampu sein, lampu rem.

Pada lampu sein dan lampu belakang, pastikan keempat lampunya menyala. Pada lampu depan (headlamp), periksalah apakah lampu menyala saat berkedip maupun menyala penuh.

Pada lampu rem, periksa dengan menekan pedal rem dan pastikan lampu rem kanan dan kiri menyala.
Lampu lampu lainnya yang juga wajib diperiksa sebelum melakukan perjalanan adalah lampu hazard dan lampu indikator. Pada lampu hazard, pastikan semua lampu bisa berkedip secara konstan. Pada lampu indikator, pastikan indikator tidak berlesip terlalu cepat dan konstan.

Bagaimana jika lampu peringatan tiba tiba menyala saat Anda menghidupkan mesin mobil? Segeralah lakukan pemeriksaan untuk mengetahui apa penyebabnya. Jika lampu peringatan rem menyala, biasanya karena rem tangan terpasang/aktif dan minyak rem habis.

Jika lampu peringatan pintu yang menyala, biasanya karena pintu pintu tidak tertutup dengan sempurna. Pada mobil-mobil menengah dan premium, lampu seatbelt juga akan menyala jika seatbelt belum dikenakan atau tidak terpasang. Jika lampu peringatan temperatur yang tiba tiba menyala, itu artinya suhu mesin mobil terlalu tinggi/overheating.

Lampu airbag pada mobil yang sudah dilengkapi airbag akan menyala jika ada masalah pada airbag. Demikian juga pada mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur antilock brake system (ABS), lampu ABS akan langsung menyala jika fitur ini mengalami masalah. Selamat berkendara aman!

Sebelum memeriksa kondisi lampu kendaraan, pastikan Anda menetralkan terlebih dahulu transmisi kendaraan. Jika mobil Anda adalah mobil matik, atur posisi tuas transmisi pada posisi P atau N. Jangan lupa, tarik tuas rem tangan. Jika mobil Anda bertransmisi manual, posisikan tuas transmisi pada posisi N dan tarik tuas rem tangan.

 

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: