home Berita Terkini, Bus, Bus & Truk Lama Menghilang, Chasis Volvo B7R Kini Digunakan PO Asal Yogyakarta

Lama Menghilang, Chasis Volvo B7R Kini Digunakan PO Asal Yogyakarta

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Yogyakarta, MobilKomersial.com – Setelah cukup lama menghilang dari peredaran, kali ini hadir kembali. Ya B7R, sebuah nama yang mungkin tak asing lagi di dunia transportasi bus di Indonesia. Nama lengkapnya adalah Volvo B7R, chasis mesin belakang dengan kapasitas mesin 7000cc yang pernah meramaikan jalanan Indonesia. Kini, dengan kondisi yang benar-benar baru fresh from the factory tentunya,bukan hasil rebody unit lama seperti pada Volvo B7R kebanyakan.

Chasis Volvo B7R dihadirkan kembali oleh PO Sistrans asal Yogyakarta dalam kondisi baru ke jalanan Indonesia. Kehadiran Volvo B7R di jajaran armada PO Sistrans ini juga menjadi sebuah pencapaian tersendiri bagi sang pemilik. Karena memang sejak lama sang pemilik ingin menghadirkan bus berchasis Volvo dalam kondisi baru di jajaran armadanya.

Masih belum dapat dipastikan apa saja perbedaan antara Volvo B7R terdahulu dengan Volvo B7R baru milik PO Sistrans ini. Namun kemungkinan besar terdapat perubahan besar di bagian kemudi dan panel-panel speedometer beserta indikator lainnya. Mengingat Volvo B7R terdahulu masih menggunakan kemudi dan panel speedometer beserta indikator lama yang keseluruhan masih analog.

Sekilas mengenai PO Sistrans, PO ini merupakan PO yang melayani angkutan pariwisata di Yogyakarta dengan spesialisasi angkutan pariwisata bagi turis mancanegara. PO ini hanya memiliki dua armada, yakni Volvo B7R terbaru berbaju Adiputro Jetbus 2+ HD dan Mercedes Benz OH1518/60 Euro 2 (keluaran terakhir) berbaju Adiputro Royal Coach E Setra tahun 2004 yang kondisinya sangat terawat dan masih terlihat seperti baru. Keduanya memiliki livery yang sama, garis-garis biru dan kuning di bagian bawah dan mengikuti alur kaca samping, sungguh sederhana tapi elegan.

 

Sumber: Ignatius Rendy

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: