home Berita Terkini, Bus Kemenhub Kirim 39 Bus MRT Untuk Pemkot Palembang

Kemenhub Kirim 39 Bus MRT Untuk Pemkot Palembang

Foto : Ilustrasi
Foto : Ilustrasi

Palembang, MobilKomersial.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) mendapat bantuan bus mass rapid transit (MRT) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memberikan batuan sebanyak 39 unit bus yang akan dikelola PT SP2J. Bus ini akan segera beroperasi bersama bus Transmusi yang sudah lebih dulu beroperasi,” kata Direktur Utama PT SP2J Ahmad Nopan, Jumat (6/1).

PT SP2J selama ini telah mengoperasikan bus MRT yang diberi nama Transmusi. “Dengan tambahan bus tersebut, total bus Transmusi saat ini berjumlah 239 unit. Bus Transmusi ini akan dipergunakan untuk transportasi pada Asian Games 2018,” ujar Ahmad Nopan.

Menurut Ahmad Nopan, PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya awalnya direncanakan mendapat bantuan sebanyak 40 unit bantuan bus dari Kementerian Perhubungan. “Karena satu bus harus diberikan kepada salah satu kabupate atau kota di Provinsi Bangka Belitung, maka Palembang akhirnya hanya mendapat 39 unit bus,” katanya.

Direktur Utama PT SP2J mengakui, bantuan bus dari pemerintah tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi BUMD milik Pemerintah Kota Palembang. “Kami tentu harus meningkatkan pelayanan ke masyarakat sehingga masyarakat mau beralih menggunakan alat transportasi massal daripada menggunakan kendaraan pribadi.”

Sebagai salah satu unit bisnis dari PT SP2J, bus MRT Transmusi sempat berada pada masa suram, bus Transmusi sempat merugi pada 2014 dengan besarnya utang dan sejumlah bus yang rusak. Dampaknya pelayanan moda transportasi darat ke masyarakat juga turun.

Rencana pemberian bantuan bus dari Kementerian Perhubungan kepada Pemerintah Kota Palembang disampaikan Wali Kota Palembang Harnojoyo pada Januari 2016. Dengan bantuan bus tersebut, Harnojoyo mengharapkan bus Transmusi bisa meningkatkan pelayanannya kepada warga Palembang untuk beralih menggunakan transportasi umum yang semakin baik.

Dengan kehadiran tambahan bus MRT Transmusi, Dinas Perhubungan Palembang merencanakan pada 2016 dan 2017 menargetkan pengurangan 60 unit bus kota yang masih beroperasi.

 

Sumber : republika.co.id

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: