home Berita Terkini, Bus & Truk, Mancanegara Kembangkan Teknologi Matikan Truk Jarak Jauh Guna Tangkal Terorisme

Kembangkan Teknologi Matikan Truk Jarak Jauh Guna Tangkal Terorisme

truck scaniaLondon, MobilKomersial.com  – Pemerintah Inggris saat ini sedang mengembangkan tombol untuk mematikan mesin dari jarak jauh untuk memaksa kendaraan berat atau kendaraan yang mengangkut muatan atau material berbahaya berhenti.

Menurut sebuah laporan seperti dikutip dari situs Leftlanenews, kebijakan ini diambil untuk melawan aksi terorisme di Inggris dengan memanfaatkan kendaraan besar seperti insiden serangan teroris yang pernah terjadi di Kota Nice, Prancis dan di Kota Berlin, Jerman 2016 lalu.

Para ahli berharap teknologi ‘kill switch’ yang dikembangkan ini dapat menghentikan truk mencurigakan dari jarak jauh. Inggris bisa saja menjadi sasaran empuk peneror seperti Prancis dan Jerman.

Piranti ini kelak harus menjadi fitur wajib yang harus ada di setiap kendaraan besar yang terkoneksi langsung dengan sistem kontrol mesin yang akan memberikan otoritas untuk mematikan kendaraan tersebut dari jarak jauh.

Ditambahkannya, keuntungan dari teknologi ini adalah keamanan truk lebih terjamin dari upaya pencurian atau pembajakan. Selain itu, polisi tidak perlu melepaskan tembakan untuk melumpuhkan truk yang dibajak.

Menurut Daily Mail, pengembangan project ini masih dirahasiakan oleh Pemerintah Inggris. Namun para pejabat membenarkan adanya project ini seraya menyebutkan nama ‘Project Restore’ untuk ‘Remote Stopping of Road Engine.’ Uni Eropa sudah meriset teknologi ini sedikitnya selama dua tahun.

Tinggalkan Balasan