home Berita Terkini, Motor, Tips Hal penting dalam mengendarai sepeda motor

Hal penting dalam mengendarai sepeda motor

finoinJakarta, MobilKomersial.com – Sepeda motor merupakan kendaraan yang mudah di kendarai dan cukup terjangkau dari sisi harga bagi sebagian masyarakat pada umumnya. Selain mudah dikendarai, sepeda motor juga lebih irit bahan bakar.
Sepeda Motor matik tercatat sebagai jenis sepeda motor yang paling laku di pasaran. Hal ini dikarenakan begitu mudahnya menggunakan sepeda motor jenis ini.
Tapi, Bagi sebagian orang ada yang belum mengetahui bahwa mengendarai sepeda motor harus memperhatikan hal-hal kecil, salah satunya adalah posisi anggota tubuh dalam menjaga keselamatan berkendara. Seperti posisi tangan, posisi kaki, dan posisi duduk harus tetap aman dan nyaman.

Baca Juga : Ini Penyebab Rantai Motor Sering Copot

  1. Posisi Tangan
    Posisi tangan diwajibkan mengepal di setang.Jangan letakkan beberapa jari di tuas rem atau kopling dengan alasan bisa menghasilkan reflek yang baik, karena hal itu dapat menyebabkan hilang kontrol.
  2. Posisi Kaki
    Pastikaviarn posisi kaki selalu di dalam dek, Baik dalam bermanuver ataupun jalan lurus, Dengan kaki di dalam dek tentu membuat aman kaki dalam menghindari benturan dari arah yang berlawanan.

  3. Gunakan Sein
    Pastikan gunakan sein saat akan berbelok atau pindah posisi misalnya dari ruas kanan hendak kekiri, atau saat ingin menyusul kendaraan di depannya. sesudah menyusul segera matikan sein tersebut agar tidak membingungkan pengendara lain di belakang.

  4. Gunakan Kaca Spion
    Kaca Spion itu berguna untuk melihat kendaraan di belakang, Saat pengendara ingin berbelok, selalu perhatikan kendaraan dari arah berlawanan maupun dari arah belakang, guna menghindari tabrakan dari belakang.

  5. Klakson
    Diusahakan gunakan klakson pada saat-saat tertentu. seperti misalnya saat ingin menyusul kendaraan di depan, selain gunakan lampu sein, gunaka klakson, untuk memberitahu pengendara didepan kalau kita ingin menyusul.

  6. Fokus
    Yang terpenting adalah selalu Fokus di jalan raya, Banyak pengendara saat mengemudikan motor, mereka juga baca atau membalas pesan melalui Handphone nya, Hal tersebut tentu sangat membahayakan pengendara tersebut maupun orang disekitarnya, Apabila ada telpon atau ada pesan, Alangkah baiknya berhenti sebentar.

Terpulang dari itu semua, seorang pengendara sepeda motor diwajibkan selalu dalam keadaan waras, sehat jasmani dan rohani,  fokus dan waspada di Jalan raya. Keep Safety broo… !!

Tinggalkan Balasan