home Aftermarket, Berita Terkini, Tips Cara Melepas Stiker Pada Kendaraan

Cara Melepas Stiker Pada Kendaraan

melepas-stiker-mobilJakarta, MobilKomersial.com – Dewasa ini, banyak pihak yang melakukan promosi lewat stiker. Tak jarang, banyak mobil atau kendaraan lainnya yang ditempelkan stiker oleh orang lain untuk dijadikan ‘tempat’ promosi.

Hal ini tentunya sangatlah tidak menyenangkan. Selain menghilangkan karakter mobil, stiker yang ditempel biasanya akan meninggalkan bekas ketika dilepas. Untuk itu MobilKomersial berikan tips untuk melepas stiker yang menempel di kendaraan kesayangan anda tanpa meninggalkan bekas.

Beda bahan beda pula penanganannya. Untuk stiker berbahan kertas, cara melepasnya bisa dengan air sabun saja. Caranya, basahi dahulu seluruh permukaan stiker yang ingin anda lepas dengan air sabun. Setelah itu, gosok-gosok terus dengan kain basah hingga sisa-sisa perekat stiker juga ikut menghilang. Ingat, sisa perekat stiker yang tidak dibersihkan sampai bersih akan membuat debu atau kotoran mudah menempel. Untuk itu jangan biarkan sisa perekat ini membuat mobil anda tampak kusam.

Untuk stiker berbahan plastik atau schothlite, ada dua cara yang bisa anda contoh. Yang pertama dengan menggunakan korek api atau hair dryer. Caranya, arahkan korek atau hair dryer yang telah anda nyalakan ke permukaan stiker secara merata. Pemanasan ini akan menyebabkan lem melunak dan mengerut. Bila sudah begitu, stiker bisa dilepas dengan kuku atau silet. Namun anda perlu hati-hati agar mobil anda tidak tergores.stiker

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan minyak kayu putih, minyak tanah atau bensin. Caranya, basahi permukaan stiker yang ingin dilepas dengan salah satu dari tiga bahan tersebut. Setelah itu, tutup dengan plastik dan rekatkan dengan menggunakan selotip. Tujuannya adalah agar uap dari minyak kayu putih, minyak tanah atau bensin tersebut meresap ke dalam lapisan stiker. Setelah 10 menit dan stiker telah melunak, lakukan proses pelepasan dengan hati-hati mulai dari ujung kanan atas ke kiri bawah.

Meski sudah lepas kadang sisa perekat stiker masih ada, dan membuat mobil Anda belang dan kusam. Untuk itu, gunakan compound sebagai obat pemoles. Untuk penutup, gunakan car polish atau cairan wax agar mobil lebih kinclong. Jangan lupa dilap menggunakan lap mikrofiber atau kain berserat halus khusus untuk mobil dengan gerakan berputar searah. Dengan begitu, mobil Anda pun bebas dari stiker dan sisa-sisanya, tanpa meninggalkan kerusakaan pada body atau kaca mobil.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: