BBM Naik, Ini Cara Penggunaan Bahan Bakar Agar Lebih Efisien

gadis hinJakarta, MobilKomersial.com – Harga bahan bakar kini semakin mahal saja, tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk menghemat bahan bakar. Kecuali jika Anda memiliki mobil LCGC atau mobil Hybrid.

Tapi jika mobil Anda merupakan jenis mobil lainnya, Anda masih tetap bisa menghemat bahan bakar. Bagaimana caranya? Yaitu dengan mendapatkan efisiensi bahan bakar maksimal dari mobil Anda. Langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

Lacak Jarak kilometer Mobil

Melacak jarak kilometer mobil Anda adalah hal sederhana yang perlu dilakukan, mulailah saat Anda mengisi penuh tangki bahan bakar. Pada saat akan melakukannya lihat pada jarak kilometer berapa mobil Anda. Hal ini dilakukan untuk melihat seberapa baik performa mobil Anda dan berapa banyak konsumsi bahan bakarnya pada situasi dan kondisi yang berbeda-beda.

Gunakan Persneling Secara Bijak

Beberapa orang tidak terlalu bijak dalam menggunakan mobil, bahkan berkendara secara ceroboh dengan mengganti persneling pada kecepatan yang tidak sesuai. Mangganti persneling pada waktu yang tepat akan membantu anda mendapatkan efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi. Anda akan mampu mendapatkan efisiensi hingga 15% dengan menggunakan rem serta persneling dengan bijak.

Hindari Macet

Ketika macet, lalu lintas cukup padat dan mobil Anda harus bergerak cukup lambat. Anda juga harus menghentikan mobil untuk beberapa saat hanya untuk menghidupkannya lagi beberapa menit kemudian. Cara berkendara seperti ini akan membuat mobil Anda mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Untuk itu, cobalah menghindari jalan yang sering macet dan gunakan jalur alternatif lain yang bisa menghindarkan Anda dari macet tersebut.

 

Berita Terkini