home Berita Terkini Gunakan Lampu Hazard dengan Tepat

Gunakan Lampu Hazard dengan Tepat

jangan-gunakan-lampu-hazard-saat-kondisi-hujan-W49Jakarta, MobilKomersial.com – Berkendara saat musim hujan butuh penerangan yang lebih karena jarak pandang yang terbatas. Penggunaan lampu yang benar juga sangat penting untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Banyak pengendara yang belum memahami dengan benar fungsi lampu Hazard atau lampu darurat, sehingga kadang menggunakannya dengan serampangan sehingga mengganggu pengguna jalan lainnya.

Lampu hazard digunakan sebagai isyarat atau tanda darurat pada kendaraan yang memberi signal pada pengguna jalan lainnya agar berhati-hati. Lampu ini digunakan saat mobil mogok ditengah jalan

Lampu hazard dapat diaktifkan dengan menekan tombol hazard dengan gambar segitiga merah. Posisi lampu hazard yang terletak di setiap sudut kendaraan, menyebabkan lampu sein tidak berfungsi. Padahal fungsi dari lampu sein adalah sebagai tanda untuk berbelok. Dan hal ini yang sangat berbahaya jika berkendara saat hujan.

Bila sein tidak berfungsi pengendara lain akan kebingungan karena mobil tidak memiliki arah yang jelas. Pengendara yang berada di samping kiri atau kanan kendaraan akan melihatnya sebagai lampu sein biasa yang akan berbelok kanan maupun ke kiri.sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Dalam keadaan hujan deras atau berkabut sebaiknya gunakan lampu kabut atau fog lamp saja untuk memudahkan pengendara lain mengidentifikasi arah tujuan kendaraan

Simak penggunaan lampu hazard yang benar agar perjalanan anda tidak mengganggu pengendara lain.

  1. Saat kendaraan mengalami malfungsi yang menyebabkan kendaraan berjalan lebih lambat atau berhenti.

  2. Saat akan memberitahu kendaraan yang di belakangnya kalau di depan ada gangguan seperti adanya kecelakaan, tanah longsor dll.

  3. Saat sesuatu terjadi pada kendaraan yang kita tumpangi dan kendaraan harus segera menepi atau berhenti.

  4. Saat kendaraan berjalan di luar jalur yang seharusnya dilalui.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: