home Berita Terkini, Mancanegara Volvo Luncurkan Bus Hybrid B5R di Australia

Volvo Luncurkan Bus Hybrid B5R di Australia

MobKom - Image - Mancanegara - Volvo-Luncurkan-Bus-Hybrid-B5R-di-Australia
Peluncuran Bus Volvo Hybrid B5R

Menteri Transportasi Australia Barat, Troy Buswell MLA, meresmikan peluncuran bus hybrid terbaru berbasis Volvo B5R di dealer Volvo, Guildford, Perth, Australia.

Bus hybrid ini baru akan beroperasi pada bulan Maret di kota Perth, dan dikelola oleh layanan gratis CAT dengan operator dari otoritas transportasi publik Australia Barat (public transport authority of western australia).

“Teknologi Hybrid merupakan pilihan penting untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan di jalan raya. Kami memiliki kesempatan untuk menguji teknologi ini di pasar baru seperti Australia, dan berharap permintaannya akan terus bertambah di seluruh dunia”, kata David Mead, General Manager Volvo Bus Australia.

Meski teknologi bus hibrida tersebut baru pertama kali masuk ke kawasan Asia-Pasifik, kendaraan komersial tersebut sudah terjual hampir seribu unit di seluruh dunia, sejak Volvo pertama kali memroduksi bus hybrid di tahun 2010.

Sistem terintegrasi hybrid-paralel yang digunakan pada Volvo B5R memungkinkan bus untuk beroperasi dengan mesin diesel, atau hanya menggunakan listrik atau kombinasi keduanya, tergantung pada kondisi dan kebutuhan energi di lapangan.

Motor listrik berperan sebagai generator untuk mengisi kembali baterai ketika terjadi pengereman. Pada kecepatan tinggi mesin diesel dan motor listrik bekerja sama untuk menyalakan bus. Sementara pada kecepatan lebih rendah dapat menggunakan sumber tenaga dari listrik saja.

Emisi nol tercapai ketika mesin diesel digantikan motor listrik pada kecepatan rendah, atau di saat pemberhentian di lampu merah dan halte bus. Berbasis Volvo hybrid sasis, bus ini mengusung mesin diesel ramah lingkungan 5 EEV liter yang menghasilkan daya 215 dk, ditambah motor listrik dengan kemampuan 120 kW (160 dk).

Tinggalkan Balasan