Saran Pembalap Nasional untuk Pengendara, Termasuk Pemerintah

FOTO: istimewa

FOTO: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Melihat kesadaran pengendara yang dapat diasumsikan masih minim, membuat pembalap wanita, Alinka Hardianti membuka suaranya dan memberikan saran bagi pengendara, dan tentu saja pemerintah, sebagai pihak yang menerapkan dan mengontrol kebijakan peraturan dalam berkendara.

Menurut puteri dari pembalap nasional, Didi Hardianto itu menyarankan setiap pengendara, khususnya sepeda motor dan angkutan umum untuk lebih berhati-hati dan selalu memperhatikan kondisi lalulintas sekitar, khususnya pada persimpangan jalan.

Selain itu, kedisiplinan, menurutnya merupakan kunci utama untuk pengendara dalam menciptakan kondisi keamanan di jalan. Kedisiplinan datang dari dalam diri masing-masing pengendara. Jika sudah terbiasa disiplin, bukan tak mungkin dapat mengurangi tingkat kecelakaan.

“Jangan egois lah, lagi macet gamau ngasih jalan. Lagian apa ruginya sih, ngasih jalan buat orang. Kita juga suka kesel kan, kalau tak dikasih jalan,” timpal Alinka

Untuk pemerintah, Alinka menyarankan agar lebih tegas dalam membuat peraturan atau kebijakannya. Sebagai contoh, pemerintah mempunyai kebijakan semua bus harus menurunkan penumpangnya di halte bus. Akan tetapi pada praktiknya, masih banyak bus yang menurunkan penumpangnya di sembarang tempat.

Selain itu unsur keselamatan tak lepas dari pembalap dengan segudang prestasi ini. Seperti perbaikan jalan berlubang, terutama di jalan-jalan protokol, dan rambu-rambu keselamatan atau peringatan lainnya. Karena kedua hal ini cukup berguna untuk memperkecil tingkat kecelakaan berkendara.

“Unsur safety angkutan umum yang sudah tak layak, ya harus diganti. Angkutan umum harus ditambah jumlahnya, kalau dari jenisnya sih, sudah oke,” ujarnya.

Berita Terkini