Mimamori Akan Langsung “Teriak” Ketika Pengemudi Ngebut

Berita Terkini Bus & Truk Teknologi

mimamori isuzuJakarta, MobilKomersial.com – Di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, PT Astra Isuzu Motor Indonesia (AIMI) memperkenalkan suatu system “Fleet Management System“, bernama Mimamori. Sistem ini diaplikasikan pada kendaraan niaga Isuzu seperti pada truk Giga series.

Dilihat dari cara kerjanya, Mimamori merupakan perangkat cerdas. Misalnya, ketika driver menekan pedal gas alias ‘ngebut’, Mimamori yang terpasang pada truk akan segera memberi peringatan dengan mengeluarkan suara bahwa truk yang dikemudikan telah melebihi ambang batas kecepatan. Begitu pula ketika terjadi pengereman mendadak, Mimamori pun berteriak bahwa pengemudi telah melakukan pengereman mendadak.

Secara real time, Mimamori akan melaporkan perilaku pengemudi apakah sudah berkendara dengan aman dan efisien. Dengan alat ini, perusahaan bisa mengetahui apakah unitnya digunakan secara benar yang otomatis akan berpengaruh pada perencanaan biaya operasional unit tersebut.

“Jadi, kendaraan akan lebih terawat dengan adanya pemantauan cara berkendara si pengemudi,” kata Department Head Marketing Communication PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Maman Fathurrohman.

Maman menambahkan, jika pengusaha bisa mengarahkan pengemudi tentang cara berkendara secara baik dan benar, secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi dari sisi biaya operasional kendaraan tersebut. Kendaraan menjadi lebih hemat bahan bakar, tidak mudah rusak, biaya maintenance bisa dikurangi, biaya pembelian sparepart pun dapat berkurang.

Selain sisi ekonomis, sisi keselamatan juga bisa didapat. Mimamori mampu memberikan informasi jika kendaraan Isuzu tersebut mengalami kecelakaan atau kerusakan. Sistem Mimamori  segera memberikan informasi kepada pemilik untuk melakukan servis atau perawatan secara berkala.

“Dan yang terpenting, Mimamori bisa dapat melakukan pencegahan kendaraan dari pencurian dengan memberikan password saat menghidupkan truk,” kata Maman.

Maman menyebutkan, Mimamori sudah diaplikasikan pada truk Isuzu bermesin commonrail yang menggunakan sistem ECU (Electronic Control Management). Yakni pada truk Isuzu Giga series.

Penulis: M. Arif

Hits: 44

Tinggalkan Balasan