home Berita Terkini, Teknologi Mahal, Jadi Kendala AWD

Mahal, Jadi Kendala AWD

MobKom-image-Mahal Jadi Kendala AWD
Foto: The Car Tech

Teknologi AWD (All Wheel Drive) memang mengusung berbagai keunggulan. Namun, sayangnya teknologi ini masih mahal, yang berujung pada tingginya harga jual kendaraan yang mengaplikasi sistem tersebut.

Dahulu, kendaraan berjenis AWD memiliki kekurangan pada borosnya bahan bakar yang harus dikeluarkan. Apalagi, jika kendaraan itu khusus dipakai untuk medan off road berat. Namun, adanya teknologi terbaru menghapus kekurangan yang ada, sehingga kini mobil-mobil berpenggerak empat roda lebih hemat bahan bakar dan menjanjikan keamanan.

Subaru Legacy 4WD, misalnya, memiliki tingkat efisiensi yang lebih baik dari sebelumnya, yaitu 10,2 km untuk 1 liter. Hal ini karena sistem tersebut sudah mengaplikasi teknologi kontrol traksi, yang secara elektronis dapat diketahui kebutuhan yang tenaga setiap rodanya. Jika salah satu sisi roda menapak jalan licin, sementera yang lain menapak tenaga jalan keras dapat diatur tenaga puntir yang didistrbusikan sesuai dengan kebutuhan.

Lalu, teknologi AWD terbaru juga mengaplikasi kontrol torsi engine, yang berfungsi mempertahankan kondisi steady state plant. Juga kontrol torsi pengereman, mencegah keberadaan torsi dengan memberikan gaya gesek yang berbeda di antara kedua roda penggerak, dengan demikian mampu mencegah roda melintir dengan gaya akseleratif yang tinggi.

Namun, kendala yang ada selama ini untuk mobil AWD adalah harga yang mahal. Saat ini masih di kisaran 400 jutaan rupiah ke atas. Kondisi ini membuat penggemar mobil sport berpikir dua kali sebelum membeli. Perlu waktu untuk mengedukasi pasar agar bisa memahami manfaat dari kendaraan berpenggerak empat roda.

Tinggalkan Balasan