home Berita Terkini, Teknologi HydroDrive ; Pemandu di Jalur Ekstrem

HydroDrive ; Pemandu di Jalur Ekstrem

MobKom-Image-Teknologi-HydroDrive-Pemandu-di-Jalur-Ekstrem
Teknologi HydroDrive

HydroDrive merupakan inovasi unik yang dikembangkan salah satu produsen kendaraan komersial kelas dunia, MAN Truck & Bus AG,. Teknologi pintar yang ditawarkan pabrikan asal Munich, Jerman ini, mampu memandu pengemudi bus dan truk ketika sedang memacu besutannya di jalur ekstrem berbukit dengan kontur aspal rusak, bahkan di permukaan licin sekali pun seperti lumpur, es dan salju. Sehingga memungkinkan kendaraan komersial Anda tak lagi kesulitan melalui medan berat, terutama yang membutuhkan lebih banyak traksi pada roda depan.

Prinsip operasional HydroDrive, menggunakan sebuah hydropump pada gearbox, yang terhubung dengan hub as roda depan. Fitur ini diaktifkan melalui rotary switch dan akan mati secara otomatis setelah kendaraan mencapai kecepatan 30 km/jam, kemudian akan beralih otomatis kembali jika kecepatan turun di bawah 20 km/ jam. Dengan teknologi ini fitur khas dari all-wheel drive klasik tidak lagi diperlukan setelah hidrostatik digunakan.

Keunggulan dengan adanya teknologi pintar tersebut jelas lebih menguntungkan dalam konsumsi bahan bakar, lantaran HydroDrive lebih ringan 400 kg ketimbang komponen pada sistem all-wheel drive klasik. Sementara itu keselamatan pengemudi juga lebih terjamin karena traksi pada keempat roda meningkat, termasuk stabilitas mengemudi di permukaan jalan licin dapat lebih optimal. Selain itu, kekuatan pengereman juga akan meningkat, karena saat terjadi pengereman mesin (engine brake), deselerasi ikut didistribusikan ke as roda depan.

Tinggalkan Balasan