home Tips Cermati Saat Membeli Karburator, Ini Cara Bedakan yang Asli dan Palsu

Cermati Saat Membeli Karburator, Ini Cara Bedakan yang Asli dan Palsu

karburatorMobilKomersial.com – Berfungsi sebagai pengatur dari perbandingan suplai yang sesuai antara bahan bakar dan udara, karburator merupakan komponen yang paling penting pada sepeda motor.  Hasil dari olahan antar bahan bakar dan udara pada karburator menentukan kesempurnaan pembakaran yang akan menggerakkan mesin. Komposisi spuyer berupa pilot jet dan main jet sebagai penentu untuk mendapatkan tenaga maksimal untuk menggerakkan sepeda motor.

Meski saat ini motor keluaran baru hampir semua memakai teknologi injeksi, namun pecinta motor karburator masih banyak dijumpai dengan alasan ‘jatuh hati’. Seperti biasa, sama seperti komponen lainnya, karburator juga terdapat yang imitasi alias palsu. Ini merupakan dilema bagi pemilik sepeda motor, antara membeli yang palsu dengan harga jauh lebih murah dan menebus karburator asli dengan dana sesuai kualitasnya.

Hingga sekarang di toko penjual suku cadang banyak dijumpai produk karburator aftermarket dengan berbagai merk dan juga kualitas tentunya. Banyaknya merek karburator mulai dari yang harga murah yang pastinya dengan kualitas yang sangat buruk. Lebih ironis dan cenderung merugikan konsumen yaitu beredarnya karburator palsu. Seperti pepatah, “harga tidak bohong”.

karbu

Secara kasat mata, fisik antara asli dan palsu sekilas tidak jauh beda. Saatnya dipahami ciri fisik antara karburator asli dan palsu. Contoh kali ini adalah pada karburator tipe PWK 28 yang merupakan tipe paling di gemari di berbagai kalangan.

  1. Perhatikan bagian dari merek dan juga kode produk yang terdapat pada karburator pada karburator asli biasanya memiliki kode ukir pada produk tersebut. Berbeda dengan yang imitasi dan palsu kode yang ada pada karburator berupa cat atau tempelan saja. Yang asli juga terdapat hologram sebagai penjamin karburator tersebut berkualitas baik.

  2. Pada bagian pelampung karburator terdapat plat yang terbuat dari besi baja. Sedangkan pada karburator yang palsu biasanya terbuat dari plastik.

  3. Bagian pelampung pada karburator bisa dipastikan kedap udara ( vakum ) atau tidak ada ruang kebocoran pada sekeliling sisi pelampung karburator.

  4. Rumah nozzle pada karburator menggunakan baut berbentuk bintang. Bila baut yang digunakan tidak berbentuk bintang, perlu dipertanyakan kembali untuk kualitas produk karburator tersebut.

  5. Perhatikan dengan seksama kepresisian lubang yang ada pada karburator. Ciri yang asli seluruh lubang berfungsi sesuai alur kerjanya. Sedangkan yang palsu, lubang -lubang yang ada pada karburator seluruh lubangnya hanya tampilan saja dan tidak semuanya berfungsi sesuai kegunaannya.

  6. Pada bagian botol skep karburator ciri karburator asli menggunakan high chrome dan pemukaannya terlihat halus tanpa scratch, sedangkan palsu, biasanya hanya menggunakan chrome biasa sehingga terlihat tipis & ada scratch-scratch dibagian bottle skep.

Jika kita teliti, kita tidak akan menyesal dikemudian hari.

Tinggalkan Balasan