home Aftermarket, Berita Terkini 70 Persen Bisnis Pembiayaan Diserap Konsumen di Pulau Jawa

70 Persen Bisnis Pembiayaan Diserap Konsumen di Pulau Jawa

pembiayaan (asuransi)Jakarta, MobilKomersial.com – Konsumen di Pulau Jawa saat ini masih menjadi konsumen terbesar bisnis pembiayaan (multifinance) kendaraan di Tanah Air. Serapan penyaluran pembiayaan di wilayah ini mencapai 70 persen dari total pembiayaan yang disalurkan oleh ratusan industri pembiayaan.

Director Chief Financial Officer & Transformasion and Strategi Adira Finance I Dewa Made Susila pada acara diskusi Outlook Industri Pembiayaan 2017 dan Strategi Adira Finance di Jakarta, Rabu (30/11/2016) menyebutkan, Pulau Jawa menyerap tertinggi karena populasi pengguna dan pembeli kendaraan di wilayah ini lebih banyak dibanding pulau lain.

“Penyaluran kredit pembiayaan 70 persen diserap konsumen di Pulau Jawa dan sisanya di luar Jawa. Sebanyak 70 persen adalah jenis pembiayaan konsumen individu dan sisanya 30 persen sewa guna usaha untuk alat berat untuk mendukung kebutuhan bisnis,” jelas I Dewa Made Susila.

Dia juga menjelaskan, industri multifinance Tanah Air saat ini memiliki lebih dari 21 juta kontrak, dan 99 persen diantaranya dalam bentuk pembiayaan konsumen. Penyaluran pembiayaan ke konsumen tersebut merupakan pembiayaan kendaraan roda dua.

“Populasi motor di Indonesia saat ini diperkirakan mencapai 100 jutaan unit atau sekitar 40 persen dari populasi penduduk. Populasi yang sudah tinggi ini membuat penjualan sepeda motor di Indonesia sulit untuk tumbuh di atas single digit,” jelasnya.

Dari aktivitas pembelian sepeda motor baru selama ini, sebagian diantaranya merupakan pembelian motor yang sifatnya replacement, alias membeli motor baru untuk mengganti motor lama yang sudah rusak.

“Pembelian motor juga sangat dipengaruhi oleh daya beli masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Jadi pasar motor ke depan lebih banyak oleh replacement. Kalau ekonomi tumbuh, maka akan lebih banyak lagi pembelian motor baru,” jelasnya seraya memprediksi tren ke depan penjualan motor sport akan cenderung naik dengan estimasi kenaikan penjualan 10 persen.

 

Penulis : M. Arif

Tinggalkan Balasan