home Berita Terkini, Mancanegara, Teknologi 2017 Semua Sepeda Motor di Eropa Wajib Gunakan ABS

2017 Semua Sepeda Motor di Eropa Wajib Gunakan ABS

Semua Sepeda Motor Bisa Gunakan Teknologi ABS
FOTO: Dok MobilKomersial.com

Jakarta, MobilKomersial.com – Demi meminimalisir jumlah korban kecelakaan sepeda motor, negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa mewajibkan semua sepeda motor yang terdaftar pada tahun 2017 untuk menggunakan teknologi keselamatan dari PT. Robert Bosch, Anti-lock Braking System (ABS).

Peraturan tersebut akan berlaku untuk semua sepeda motor yang terdaftar pada tahun 2017 ke atas, dan semua jenis sepeda motor yang melalui tahap persetujuan setelah tahun 2016.

Tercatat, setiap tahun terdapat sekitar 5.000 pengendara sepeda motor yang harus meregang nyawa akibat kecelakaan di jalanan Eropa. Atas dasar temuan survei tersebut, pada tahun 2013 Uni Eropa membuat peraturan bahwa semua kendaraan roda dua dengan mesin berkapasitas lebih dari 125cc wajib dilengkapi dengan teknologi ABS.

Seiring dibuatnya varian baru ABS yang lebih ringan, membuat semua jenis sepeda motor dapat menggunakan terknologi tersebut. Sebelumnya, ABS hanya bisa dipasangkan pada sepeda motor gede saja, karena mempunyai berat empat kilogram.

Dengan keluarnya varian baru ini, sepeda motor yang lebih kecil dengan kapasitas mesin lebih dari 50cc juga harus dilengkapi dengan ABS, atau setidaknya menggunakan sistem rem kombinasi, yaitu sistem yang dapat mengerem kedua roda meski hanya satu yang diaktifkan.

Bosch sendiri percaya bahwa ABS dapat menurunkan 25 persen dari keseluruhan kecelakaan sepeda motor yang serius dan fatal. Di Indonesia sendiri ABS baru ini mulai diperkenalkan kepada publik pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2014.

Sistem keselamatan ini secara aktif mencegah penguncian roda saat dilakukan pengereman, sehingga menjaga sepeda motor tetap stabil dan mengurangi jarak pengereman. Sepeda motor akan berhenti dengan cara yang jauh lebih aman bila terjadi pengereman mendadak atau pada permukaan yang licin.

Tinggalkan Balasan