home Berita Terkini, Pesona Otomotif Yuk, Intip Koleksi Gelar Srikandi Balap Ini

Yuk, Intip Koleksi Gelar Srikandi Balap Ini

alinka1

Jakarta, MobilKomersial.com – Bagi anda penggemar slalom atau drifting, siapa tak mengenal Alinka Hardianti. Pembalap muda berusia 22 tahun itu hampir selalu menjadi juara di setiap ajang balap yang diikutinya.

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, menggambarkan bagaimana Alinka yang terlahir dari keluarga pembalap, dan menjelma menjadi satu-satunya wanita yang menjuarai ajang balap di kelas FFA.

Sang ayah, Didi Hardianto adalah pembalap yang mempunyai segudang prestasi. Semua jenis balap pun, ia geluti, seperti motorcross, drifting, touring, reli, off road hinga ajang internasional prestisius, Formula BMW. Begitu pula dengan adiknya, Alvito Hardianto, yang baru berusia 13 tahun sudah mulai mengikuti ajang balap gokart.

Prestasi Alinka sendiri tak kalah mentereng, berbagai ajang bergengsi telah diraihnya, sebut saja, raihan juara satu Kejurnas Slalom kelas FFA di Bandung tahun 2013, Drift War Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 yang berhasil menempati juara satu. Juara satu Touring Indonsian Series of Motorsport 2013.

alinka3
Alinka menceritakan pengalamannya dengan MobilKomersial

“Untuk gelar yang sudah diraih.. wah saya tidak ingat. Sudah banyak banget,” candanya yang diiringi gelak tawa saat berbincang dengan MobilKomersial.

Sementara itu prestasi yang baru-baru ini diraihnya adalah juara satu pada ajang Indonesian Night City Slalom 2014 di Jogja. Sedangkan pada ajang yang sama yang digelar di Solo, Alinka menempati posisi tiga. Hebatnya, dari semua prestasi yang ia dapatkan, semuanya dengan mengalahkan pembalap-pembalap pria.

Tak hanya di ajang balap nasional, Alinka juga sudah merambah kancah internasional dengan mengikuti ajang Formula Drift Asia tahun 2011 dan 2012.

Mobil Balap

alinka
FOTO: istimewa

Untuk masalah tunggangan, wanita yang sudah menekuni dunia balap sejak berumur 13 tahun ini mempercayakan pada mobil yang berbeda untuk setiap jenis lomba. Untuk perlombaan jenis touring, ia mempercayakan Toyota Yaris. Sementara untuk drifting, ia menggunakan Toyota Aristo yang sudah dimodifikasi, dengan mengganti kaki-kaki, suspensi, sistem komputer, kopling, gearbox dan supercharge.

Khusus untuk ajang balap jenis slalom, nona cantik ini tergabung dalam Toyota Team Indonesia, dan menunggangi Toyota Etios dan Yaris untuk meliuk-liuk menghindari cone pada perlombaan slalom yang diikutinya.

Di bawah naungan Toyota Team Indonesia, berbagai gelar juara ia raih dengan mobilnya yang sudah dimodifikasi dengan mengganti sistem komputer, bodi mobil yang menggunakan bahan fiber dan air flow mesin.

Tinggalkan Balasan