home Berita Terkini, Tips Upaya Mempertahankan Umur Truk Diesel

Upaya Mempertahankan Umur Truk Diesel

MobKom-Image-Upaya-Mempertahankan-Umur-Truk-Diesel

Mampukah membuat truk bermesin diesel bertahan selamanya? Pertanyaan ini gampang-gampang susah dijawab. Berbicara tentang selamanya, penting untuk menyadari bahwa ada perbedaan besar antara mendapatkan kendaraan untuk bisa beroperasi  jutaan mil, atau hanya menjaganya dalam keadaan baik selama puluhan tahun. Harus dipastikan bahwa kendaraan komersial – seperti truk –  dibeli untuk melayani pemiliknya, bukan sebaliknya.

Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan umur truk diesel:

Masalah Mesin
Produsen sesungguhnya tahu persis berapa lama mesin bisa bertahan sebelum akhirnya berhenti berputar. Ada tanda-tanda yang harus diwaspadai,  seperti asap buang berlebihan, hilangnya tekanan minyak, atau penurunan daya, yang menunjukkan sebuah mesin tidak sehat. Tes kompresi akan memberi gambaran mengenai berapa lama mesin akan terus berjalan. Dalam hal memprediksi masalah awal, penting untuk memantau pendingin mesin dan temperatur saluran buang.

Masalah Badan Truk
Korosi merupakan penyebab utama truk diesel pensiun dini, terutama jika pemiliknya tinggal di daerah yang berudara mengandung garam. Tidak ada solusi yang cukup jitu untuk menghindari karat. Hanya mungkin untuk memperlambat proses korosi. Alangkah percuma jika mesin diesel terawat baik tapi badan truk lenyap secara perlahan.

Masalah Kelistrikan
Hindari penyambungan langsung tanpa pengaman bila memungkinkan. Jika sistem listrik sebagian besar baik tetapi memiliki beberapa aliran lemah, adalah ide yang baik menambahkan relay untuk mengambil tekanan dari sistem. Jika memiliki kendaraan yang lebih tua dengan kabel benar-benar buruk, lebih baik melakukan penginstalan ulang.

Turunnya Minat
Hal lain yang membuat truk diesel bermasalah adalah ketika mereka kehilangan kasih pemilik. Hal ini terjadi ketika kendaraan tidak lagi mampu melakukan apa yang diharapkan. Padahal, pengoperasian secara konsisten dapat memperpanjang umur truk diesel. Hilangnya minat sang pemilik mungkin dimulai dengan tidak mengemudi setiap hari, dan sebagai gantinya menggunakan kendaraan lain yang lebih nyaman.  Cara memecahkannya adalah dengan memodifikasi interior agar terus terlihat nyaman.

Masalah Suku Cadang
Hal ini penting untuk merencanakan ke depan jika ingin truk diesel bertahan selamanya. Ini termasuk memprediksi apakah akan dapat menemukan suku cadang untuk truk  di waktu-waktu mendatang. Lihat saja, betapa sulitnya bagi mereka yang membangun kembali mobil-mobil klasik. Hal ini terutama berlaku jika truk diesel tersebut dari jenis eksentrik atau hanya diproduksi selama beberapa tahun.

Tinggalkan Balasan