Truk ‘Iron Knight’ Volvo Ukir Rekor Dunia

Stockholm, MobilKomersial.com – Produsen kendaraan asal Swedia, Volvo, berhasil mencatatkan rekor dunia setelah truk FM berjuluk ‘Iron Knight’ custom bertenaga 2.400 HP berhasil mengukir rekor dalam akselerasi.

Dilansir dari laman resmi Volvo Trucks, ‘Iron Knight’ mendapat pengakuan dunia untuk kategori kecepatan dalam lintasan sejauh 500 meter dan juga lintasan sepanjang 1.000 meter. Ini merupakan penyempurna rekor sebelumnya yang juga dipegang truk Volvo.

Berlaga di sirkuit uji tertutup di kawasan utara Swedia, pada awal pekan ini, truk seberat 4,5 ton tersebut membuat catatan waktu pertama 13,71 detik, sebuah catatan waktu yang mampu mendorong truk modifikasi itu menyentuh kecepatan 131,29 km/jam dari posisi diam.

Sedangkan untuk catatan rekor dunia kedua, Volvo Iron Knight membutuhkan dua putaran dengan waktu sekitar satu jam. Truk itu mampu mencatat kecepatan puncak rata-rata 169,09 km/jam di lintasan sejauh sekitar 1 km, dengan waktu tempuh hanya 21,29 detik (waktu rata-rata yang ditempuh dalam dua percobaan pemecahan rekor).

Mungkin sedikit membingungkan kenapa angka kecepatan tersebut sudah bisa menembus catata rekor dunia? Menurut Volvo, truk racikannya itu sebenarnya mampu menembus kecepatan 276 km/jam.

Kesangaran truk Volvo yang berbasis truk tipe FM itu didukung oleh penggunaan transmisi yang dikembangkan dari girboks versi standar, sementara mesinnya hanya menyisakan blok yang masih standar, selebihnya sudah dimodifikasi.

Dibalik kehebatan truk Volvo itu, ditopang oleh Boije Ovebrink, yang mengemudikan Iron Knight dalam pemecahan rekor dunia itu. Sebelumnya, Ovebrink juga berhasil mengemudikan truk hybrid tercepat di dunia, yaitu Volvo Mean Green.

Federasi olahraga bermotor internasional, FIA, saat ini tengah melakukan kajian, guna mendapatkan pengesahan dari dua catatan waktu tercepat di dunia tersebut. Namun Volvo bersama Goodyear yakin rekor tersebut akan mendapatkan sertifikasi dari FIA.

Tinggalkan Balasan