home Berita Terkini, Tips Tips Sederhana Agar AC Mobil Tetap Awet

Tips Sederhana Agar AC Mobil Tetap Awet

Image-mobkom

Jakarta, MobilKomersial.com – AC (air conditioner) alias pendingin udara adalah salah satu komponen vital pada kendaraan, khususnya bagi mereka yang berlokasi di iklim tropis, layaknya Indonesia. Meski terbilang cukup kuat, namun tidak ada salahnya menjaga komponen ini agar terhindar dari kerusakan. Berikut ini adalah tips-tips sederhana agar AC mobil tetap awet:

1. Sempatkan membuka kaca sebelum menyalakan AC

Uap panas di dalam kabin seringkali kerap hadir kala mobil didiamkan dalam waktu yang lama, maupun saat diparkirkan di luar ruangan. Membuka kaca mobil sebelum menyalakan AC akan membuat uap panas tersebut keluar dan berganti. Selain merawat komponen AC, pendinginan kabin juga akan lebih cepat terjadi. Jangan lupa juga untuk menggunakan putaran blower di putaran yang tertinggi.

2. Menjaga kebersihan karpet dan lantai mobil

Salah satu faktor keawetan AC mobil adalah kebersihan. Menjaga kebersihan karpet dan lantai mobil akan mempengaruhi kebersihan kabin secara keseluruhan. Hal itu karena filter AC yang berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran tidak akan bekerja terlalu keras. Keawetan komponen tersebut pun akan terjaga.

3. Istirahatkan AC saat perjalanan jauh

Saat menempuh perjalanan jauh, jangan lupa untuk mengistirahakan AC. Caranya adalah mematikan AC beberapa saat lalu hidupkan kembali. Tujuannya adalah menghindari pembekuan pada saluran AC.

4. Membersihkan kondensor AC

Kondensor yang bersih menjadi kunci mempercepat pendinginan udara AC. Cara membersihkannya cukup mudah. Saat mencuci mobil, usahakan menggunakan air bertekanan untuk membersihkan kondensor. Cukup semprotkan air ke kondensor AC, yang posisinya terletak tepat di balik kisi-kisi depan.

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan