home Berita Terkini, Tips Teknik Pengereman Terbaik

Teknik Pengereman Terbaik

Mobkom-Image-Perawatan-Teknik-Pengereman-Terbaik
Teknik Pengereman Terbaik

Banyaknya kecelakaan maut yang melibatkan truk, seperti yang terjadi di daerah Cianjur, Jabar beberapa waktu lalu, terjadi akibat kinerja sistem pengereman rem yang tidak bekerja alias blong. Namun apakah tragedi yang menewaskan belasan korban jiwa manusia itu, memang bermula dari sistem kerja rem yang tidak mumpuni untuk menghentikan laju truk?

Sistem kerja rem pada truk sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan mobil penumpang. Namun lantaran bobot muatannya yang lebih berat dari mobil penumpang, maka dibutuhkan teknik tersendiri untuk menghentikan laju kendaraan terlebih ketika melintas di jalur menurun.

Menurut Budi Hartono, kepala montir Super Buana Jaya, untuk light truck dengan sistem hidrolik (minyak rem), sebaiknya pedal rem tidak boleh terlalu sering ditekan, melainkan dikocok dan maksimalkan kerja dari exhaust brake.

Pendapat tersebut diamini oleh Wawan Kurniawan, Service Manager bengkel resmi Mitshubishi di Jl. Panjang No.8, Kebon Jeruk, Jakbar. Menurut Wawan, aplikasi pengereman terbaik adalah kombinasi antara menekan pedal rem,menggunakan engine brake dan mengaktifkan exhaust brake.

Tinggalkan Balasan