home Berita Terkini, Tips Supaya Pelat Kopling Bisa Tahan Lama

Supaya Pelat Kopling Bisa Tahan Lama

Mobkom-Image-Perawatan-Supaya-Pelat-Kopling-Bisa-Tahan-Lama
Perawatan Pelat Kopling

Cara mengemudikan kendaraan komersial, yang memang dirancang dengan torsi lebih besar agar mampu membawa beban di atas rata-rata mobil penumpang, maka keahlian mengemudi sang sopir sangat berpengaruh dalam menjaga keawetan suku cadang. Salah satunya seperti kopling set sebagai peranti penerus daya ke roda.

Pasalnya, menurut Budi Hartono selaku kepala montir Super Buana Jaya di Kebon Jeruk, Jakbar, pelat kopling lah yang paling cepat habis akibat pemakaian kendaraan di luar batas kewajaran. Pria ramah ini pun ngasih tips untuk menghindari keausan dini pada komponen kopling.

Pertama menginjak pedal kopling secara penuh, supaya roda gila (flywheel) dan pelat kopling (cluth plate) dapat terpisah secara sempurna. Kondisi ini akan memudahkan saat hendak memindahkan tuas transmisi.

Kemudian setelah memindahkan posisi gigi transmisi secara benar sesuai tingkat kecepatan, bebaskan injakan kopling secara perlahan dan diselaraskan dengan injakan pedal gas secara halus. Hal ini memungkinkan akselerasi kendaraan akan lebih halus, dan tenaga mesin dapat tersalur lebih sempurna ke sektor roda.

“Seringnya kerusakan pada pelat kopling lantaran sopir terbiasa meletakkan kaki kirinya di pedal kopling selama kendaraan berjalan. Padahal kebiasaan itu justru mempercepat keausan pelat kopling, termasuk kebiasaan menahan setengah kopling saat mobil berada di tanjakan,” jelas Budi.

Tinggalkan Balasan