home Berita Terkini, Tips Rajin Periksa Tekanan Ban untuk Hemat BBM

Rajin Periksa Tekanan Ban untuk Hemat BBM

image-mobkom-periksa-tekanan-ban-bisa-hemat-bbm

New York, MobilKomersial.com – Tekanan ban sangat berpengaruh pada laju mobil dan kenyamanan berkendaraan. Bahkan penelitian dari Rubber Manufacturers Association (RMA) bekerja sama dengan Departemen Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NTHSA), mendapatkan 63 persen pengendara mobil menyebutkan tekanan ban sangat mempengaruhi jarak tempuh kendaraan.

Hasil penelitian RMA, seperti yang dilansir Automotive News, tidak hanya menemukan korelasi jarak dan tekanan ban, tetapi juga menelisik sampai pada kebiasaan pengendara yang peduli dengan keadaan tekanan bannya ketika ingin bepergian. Dan hanya 19 persen para pengemudi yang memiliki kebiasaan baik itu.

Bahkan RMA menemukan bahwa tiap bulan, tiga dari empat pemilik mobil sempat mencuci kendaraan mereka, sementara hanya satu orang dari lima pengendara yang meluangkan waktu beberapa detik untuk memeriksa keadaan ban mobilnya.

Para peneliti RMA menyarankan agar pemilik mobil selalu memberikan perhatian pertama pada ban mobil sebelum membuka pintu. Dengan kebiasaan itu anda dapat menempuh jarak hingga mencapai 3,3% lebih jauh dan menghemat ongkos BBM.

Sebab dengan rajin periksa tekanan ban, tekanan yang kurang memadai tidak lagi hadir. Pasalnya selain menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal, tekanan yang kurang memadai sanggup mengakibatkan ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.

Untuk itu, pengemudi harus hapal dengan tekanan yang proporsional pada ban mobil. Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.

Tinggalkan Balasan