home Berita Terkini, Tips Merawat Tampilan Eksterior Bus

Merawat Tampilan Eksterior Bus

Mobkom-Image-Perawatan-MerawatTampilan-Eksterior-Bus-1
Kondisi eksterior bus yang umum terjadi

Kondisi bodi bus terutama cat pada eksteriornya, sangat tergantung pada sopir ketika menggunakan dan merawat kendaraan tersebut. Tak jarang kondisinya terlihat memprihatinkan, dan perlu segera direkondisi untuk mengembalikan kondisi menjadi lebih baik.

Seperti dilakukan PO Pusaka Jaya yang memiliki divisi khusus untuk merawat seluruh armada bus kepunyaannya. Kebetulan tim Mobilkomersial dipersilakan langsung mengamati proses penggarapan, dari salah satu armada Pusaka Jaya yang akan direkondisi bagian eksteriornya lantaran dianggap sudah tidak layak dioperasikan.

Ada beberapa tahapan yang wajib dilakukan agar hasilnya optimal. “Pertama, semua permukaan bodi digosok menggunakan ampelas kasar agar bersih, kemudian dicat epoxy selama 1 hari. Setelah proses epoxy, masuk ketahap pewarnaan dengan menggunakan cat warna putih dari Danagloss. Setelah proses pewarnaan selesai, barulah dilakukan pelapisan pernis pakai produk Sikkens agar cat tidak mudah pudar dan warna tetap terjaga keindahannya,” ungkap Abun, kepala mekanik divisi body repair PO di Jl. Raya Bojong Sari No.25, Sawangan, Depok.

Pria asli Bogor ini juga menambahkan bahwa, untuk tahap pencucian bus Pusaka Jaya sering menggunakan sabun cair untuk cuci piring, terutama buat membersikan bodi dan menghindari menggunakan deterjen atau sabun colek, “Karena bisa membuat tampilan bodi lebih cepat pudar,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan