home Berita Terkini, Tips Merawat Kaca Film Supaya Tetap Adem

Merawat Kaca Film Supaya Tetap Adem

Image-Mobkom-merawat-kaca-film-supaya-tetap-bikin-adem
Foto : APS

Kaca film mobil yang sudah terlihat baret halus dengan alur dari bawah ke atas, atau banyak bubble (gelembung) pada permukaan kacanya, sebenarnya disebabkan oleh satu kelalaian pemilik kendaraan. Yaitu kurang bahkan tidak pernah merawat lapisan pelindung sengatan sinar matahari tersebut.

Sebenarnya cukup mudah untuk melakukan ritual perawatan kaca film ini. Cukup sediakan beberapa perkakas seperti sikat gigi, sampo bayi (non soda) berikut sprayer, lap lembut (bahan katun) atau chamois. Setelah mendapatkan semua peralatan, jangan lupa memarkir mobil Anda di tempat yang tidak terpapar sengatan matahari langsung.

Untuk mengerjakan perawatan kaca film ini dapat meniru tips berikut :

  1. Isi sprayer dengan sampo bayi sebanyak 1 sendok teh lalu isi air sebanyak 2/3 dari kapasitas wadah sprayer, lalu kocok untuk menghasilkan busa.
  2. Bidang yang sering/paling cepat kotor adalah sisi kaca dekat jok pengemudi, karena paling sering dibuka-tutup saat ambil karcis tol atau parkir.  Semprotkan larutan sampo bayi pakai sprayer ke seluruh bidang kaca sebelah dalam, dan pada bagian kaca yang dijepit karet frame pintu maupun karet door trim.
  3. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan sisa debu halus pada karet frame pintu serta karet door trim, sampai dirasa kotoran di sudut tersebut sudah terangkat semua.
  4. Lalu naikkan kaca hingga menutup rapat, semprot sekali lagi pada keseluruhan bidang kaca lalu bersihkan dengan lap hingga kering. Perlu diingat, setelah dibersihkan jangan sampai tersisa butiran air sampo, karena mudah memicu bercak pada permukaan lapisan film.

Lakukan hal yang sama di semua bagian kaca mobil. Untuk kaca depan dan belakang, cukup semprotkan air sampo di seluruh bidang permukaan kaca sisi dalam, kemudian langsung dikeringkan pakai lap bersih hingga kering. Idealnya perawatan ini dilakoni minimal sebulan sekali secara berkala, untuk menjaga keawetan lapisan film dan kabin tetap terasa adem saatberkendara di siang hari yang terik.

Tinggalkan Balasan