Cara Buang Angin di Mesin Diesel

Mobkom-Image-Perawatan-Cara-Buang-Angin-di-Mesin-Diesel

Cara Buang Angin di Mesin Diesel

Tak ubahnya manusia yang sering masuk angin jika begadang, mesin diesel pun rawan kemasukan udara berlebih yang mengakibatkan mesin mati mendadak. Untuk itu Anda mesti ketahui gejala awal serta cara penanggulangannya.

Mesin diesel yang masuk angin ditandai dengan kerja mesin yang pincang seperti putaran mesin tidak stabil, bergetar dan sesaat kemudian mati. Bahkan dalam beberapa kasus tidak mau hidup sama sekali ketika mesin distart kembali.

Jika kondisi mesin masuk angin, sebaiknya lakukan pertolongan pertama dengan cara memompa udara keluar dari saluran bahan bakar. Caranya mudah, cukup dengan memompa priming pump, lanjut dengan mengendurkan baut bleeder dan ditutup menggunakan ibu jari.

Menutup baut bleeder dengan ibu jari juga tidak boleh terlalu keras, alasannya agar bisa merasakan udara yang akan keluar ketika primping pump menekan solar. Setelah solar keluar biasanya akan diikuti oleh gelembung busa, pertanda udara yang terpampat di dalam saluran bahan bakar sebagai penyebab diesel masuk angin sudah keluar.

“Setelah dipompa dan keluar busa, pompa terus sampai yang keluar solar murni dan bebas dari busa,” saran Wawan Kurniawan, Service Manager bengkel Mitsubishi Kebon Jeruk, Jakbar.

Berita Terkini