home Berita Terkini, Tips Penyebab Rem Angin Tak Berfungsi Normal

Penyebab Rem Angin Tak Berfungsi Normal

image-mobokom-Kebocoran Angin pada Rem, Rawan Bagi Truk

Perawatan truk pengangkut barang menjadi ritual penting untuk menjaga performa kendaraan komersial tersebut, selain untuk menghindari kecelakaan yang mungkin dapat terjadi selama perjalanan akibat komponen rem tak bekerja normal.

Umumnya kendaraan angkutan barang seperti light truck hingga tronton, mengandalkan rem angin sebagai penyuplai tenaga untuk pengereman.

Menurut Budi Hartono, kepala montir Super Buana Jaya, banyak sopir truk yang terkadang kurang jeli mendeteksi apakah angin (udara) pada rem bermasalah atau tidak. Yang paling berbahaya jika terdapat kebocoran angin pada sistem rem angin.

“Angin rem perlu diperiksa pengemudi. Kebiasaan banyak pengemudi yang tahunya ngerem tanpa tahu ada kebocoran. Karena apabila angin bocor, truk tak bisa ngerem,” kata Budi Hartono, saat ditemui mobilkomersial.com,

Jika ada kebocoran pada booster rem tak mampu memberikan angin maka akan bersumber dari kompresor mobil, sehingga terjadi pause atau break pada rem. Kebocoran juga membuat angin terbuang dan tekor sehingga pengereman tidak optimal.

“Angin terisi otomatis dari kompresor truk, dan bisa di monitor lewat spidometer. Dan yang perlu diperhatikan jarum angin pada spidometer tidak boleh merah,” tambah Budi.

Bila rem angin mengalami kebocoran parah dan rem tidak berfungsi optimal, maka sentral remnya perlu diganti. Ciri-ciri rem sudah tidak berfungsi normal, saat diinjak pedal rem terasa keras dan tidak ada kevakuman.

“Agar rem angin bertahan, pengemudi perlu menghindari banjir atau genangan air. karena bila masuk ke karet nya. otomatis rem akan terganggu dan macet,” tuntasnya.

 

3 thoughts on “Penyebab Rem Angin Tak Berfungsi Normal

  1. Mas kalo rem nya di injak terus anginnya langsung berkurang banyak itu kenapa mas, apa yang perlu di lakukan mas, untuk Hino seri 500

  2. Mas mau tanya kalau pedal rem hino dutro selalu ngejeblos pada saat di injak itu knph yah. Padahal boster atas udh saya ganti tapi tetep aja jeblos gak mau keras. Mohon informasinyA ya mas.

Tinggalkan Balasan