Dan Mobil Otonom Itu Pun Tersenyum Saat Orang Menyebrang

Stockholm, MobilKomersial.com – Terkadang, saat seorang pejalan kaki ingin menyebrang, sang pejalan kaki melihat ke arah sang pengemudi mobil untuk memastikan aman atau tidaknya ketika ingin menyebrang. Lalu, dengan kemajuan teknologi dengan hadirnya mobil otonom yang tanpa sopir bagaimana?

Dilansir dari businesswire.com, Sebuah perusahaan teknologi asal Swedia, Semcon menyimpulkan, 80 persen dari pejalan kaki mencari kontak mata dengan pengemudi mobil dan mendapatkan rasa yakin untuk menyeberang jalan dari pengemudi.

Karena hal itulah Semcon telah mengembangkan mobil otonom yang bisa memberikan senyuman kepada pejalan kaki. Itu merupakan salah satu bentuk komunikasi visual sebuah mobil otonom dengan pejalan kaki.
Dengan gambar wajah tersenyum, Semcon percaya itu adalah cara terbaik untuk memecahkan masalah komunikasi antara mobil otonom yang tak memiliki sopir dengan pejalan kaki.

Sistem ini menggunakan kamera dan teknologi laser untuk merasakan gerakan kepala seorang pejalan kaki dan membaca ketika pejalan kaki memberikan tatapan ke mobil. Sistem ini kemudian dapat merespons dengan menyalakan layar di grille depan dengan bentuk wajah tersenyum. Artinya, ketika mobil itu tersenyum maka mobil otonom memberikan lampu hijau kepada pejalan kaki untuk menyeberang jalan.

Berita Terkini