home Berita Terkini, Tips Mengenal Beragam Jenis Aki dan Perawatannya

Mengenal Beragam Jenis Aki dan Perawatannya

Mobkom-Image-jenis-aki
Foto: Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Sebagai salah satu komponen terpenting dalam kelistrikan kendaraan, aki memiliki kegunaan menyimpan dan menyalurkan listrik ke seluruh perangkat elektronik. Beragam jenis aki pun dikeluarkan para produsen sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Berikut ini adalah beragam jenis aki dan perawatannya menurut Agustono Susanto, Area Manager PT. Santi Yoga, agen tunggal Yuasa Battery Indonesia.

Agustono menjabarkan adanya tiga jenis aki berlabel Yuasa yang didistribusikan oleh PT. Santi Yoga. Yang pertama adalah Pafecta. Aki jenis basah ini adalah aki yang memerlukan penambahan air untuk pengoperasiannya. Pengecekannya pun harus rutin selama 2 bulan sekali untuk melihat diperlukannya penambahan kadar air atau tidak.

Selanjutnya adalah Hybrid. Aki jenis ini memiliki tingkat penguapan yang kecil sehingga berpengaruh ke perawatan. Dibandingkan tipe Pafecta, Hybrid tergolong lebih ringan dalam hal perawatan. “Pengecekan dan penambahan air pun hanya dilakukan dalam rentang 4-6 bulan,” jelasnya.

Yang terakhir adalah Maintenance Free atau yang biaya disingkat MF. Di Yuasa, tipe MF tetap berupa aki basah namun memiliki tingkat perawatan yang mudah, atau dapat dibilang tidak ada. Tidak diperlukan juga pengisian air maupun pengecekan rutin bulanan untuk memastikan performa aki tetap pada kualitas prima.

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan