home Berita Terkini, Mancanegara Berat Kendaraan Bakal Lebih Ringan

Berat Kendaraan Bakal Lebih Ringan

Mobkom-Image-Mancanegara-Berat Kendaraan Bakal Lebih Ringan
Foto: The Times

Diperkirakan dalam beberapa waktu ke depan, bobot kendaraan bakal semakin ringan. Pasalnya, ArcelorMittal, salah satu produsen baja terbesar dunia, mengumumkan telah menemukan teknologi baru yang dapat diaplikasikan untuk pabrikan kendaraan.

Penemuan itu adalah produk baja ringan, yang dapat memangkas berat kendaraan hingga 34 persen dari berat sebelumnya. Saat ini, baja memang merupakan komponen penting dalam industri otomotif secara umum.

Seperti dirilis Bloomberg, baja ringan itu diperoleh dengan memaksimalkan struktur dan teknologi proses produksi. Walau ringan, ArcelorMittal menjamin aspek kualitas kendaraan yang menggunakan baja ini tidak berkurang sedikitpun. Pun begitu dengan faktor keselamatan pengguna kendaraan.

Rencananya, produk ini siap dipasarkan dalam lima tahun ke depan ke seluruh produsen mobil di dunia. Karena lebih ringan, konsumsi BBM mobil yang menggunakannya dipastikan lebih irit. Begitu pula dengan emisi gas buang. Hitungannya, kurangnya bobot mobil 12 kg, akan mengurangi 1 gram karbondioksida per kilometer.

 

Tinggalkan Balasan