Organda: Pemerintah Perlu Berikan Subsidi untuk Bus Kelas Ekonomi

Berita Terkini Bus Bus & Truk
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Organisasi Angkutan Darat (Organda) menilai, bus-bus angkutan reguler kelas ekonomi layak mendapat dukungan subsidi dari Pemerintah Pusat demi menyediakan layanan transportasi yang layak dan manusiawi sekaligus mendukung standar pelayanan minimum (SPM) di bisnis angkutan darat jalan raya.

Sekretaris Organda, Ateng Haryanto mengatakan, subsidi bisa diberikan dalam bentuk Public Service Obligation (PSO) atau bentuk lain. Dengan diberikan subsidi, pengusaha bus kelas ekonomi terbantu dalam merawat armadanya agar tetap handal melayani penumpang.

“Subsidi berupa PSO untuk pengusaha bus ekonomi perlu didorong. Pak Dirjen perlu dorong ini menjadi nyata dan bisa direalisasikan,” kata Ateng.

Selama ini, bus-bus kelas ekonomi faktanya memang tidak bisa menentukan tarif bus sendiri yang dikenakan ke penumpang karena tarif bus kelas ekonomi masih diatur sepenuhnya oleh Pemerintah, berupa tarif batas bawah dan tarif batas atas.

“Teman-teman di Organda kan ada dua macam, layanan bus ekonomi dan non-ekonomi. nah yang ekonomi ini perlu mendapatkan PSO,” kata Ateng.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan mendukung inisiatif pemberian PSO kepada pengusaha bus di kelas ekonomi.

“Bentuk pemberian subsidinya terserah pemerintah, bisa berupa subsidi harga bahan bakar, subsidi spare parta atau subsidi seperti PSO,” kata Kurnia yang juga pemilik PO SAN Putra ini.

“Kita ingin berubah menjadi lebih baik, handicapnya banyak. Kalau kita abaikan keselamatan perawatan dan operasional, sama saja dengan bunuh diri,” imbuhnya.

 

Penulis : M. Arief

Hits: 18

Tinggalkan Balasan