Hendro Darmojuwono Pemilik PO. Safari Dharma Raya (1)

PO Safari Dharma RayaJakarta, MobilKomersial.com –┬áSafari Dharma Raya atau OBL adalah salah satu perusahaan otobus yang melayani rute AKAP dan pariwisata di Indonesia. OBL bahkan dikenal sebagai perusahaan yang telah banyak makan asam garam dalam dunia perbusan tanah air.

Untuk body bus sendiri, OBL banyak menggunakan karoseri Adi Putro. Tercatat seperti new travego, new marcopolo, hingga jetbus hd, dan jetbus hd 2+ digunakan untuk membalut chasis OBL yang kebanyakan menggunakan dapur pacu Mercedes Benz.

Pengguna bus malam di jalur selatan pantai utara atau pantura pastinya tidak asing dengan bus ini. Bus yang memiliki gambar satwa bercat biru kuning bisa terlihat di arah jalan mulai Jakarta-Bima Nusa Tenggara Barat. Bus ini memulai rute nya dari Temanggung-Surabaya sudah memasuki generasi kedua dari pendiri pertamanya, Darmojuwono.

Semenjak ditinggal wafat Darmojuwono atau Oei Bie Lay (OBL) beberapa tahun silam, tumpuk kepimpinan dipegang oleh anak lelakinya Hendro Darmojuwono(62). Otomatis Hendro harus berusaha agar bisnis yang dirintis oleh ayahnya sejak 1960-an ini bisa bertahan, terutama di era kemajuan transportasi yang semakin ketat.

“Kalau dulu saat peak season seperti lebaran, satu bus antarkota penumpangnya bisa mencapai ratusan orang, dan pola orang bepergian juga berubah-ubah. Sekitar tahun 1995 ke bawah, satu bus bisa membawa 100 orang,” ujar Hendro.

Bagian ke-2

Berita Terkini