Apa Saja Keunggulan Truk Tata Ultra 1012 ?

Berita Terkini Bus & Truk Truk

tata ultra 1012Jakarta, MobilKomersial.com – Dalam ajang GIIAS 2016 yang berlangsung Agustus lalu, produsen kendaraan asal India, Tata Motors memanfaatkan momentum pameran untuk menghadirkan berbagai varian truk andalannya. Salah satunya adalah truk ringan teranyarnya, Tata Ultra 1012.

Tata Motors menyatakan bahwa kendaraan ini adalah truk ringan pertama ada di Indonesia dari pabrikan India yang akan menghadang laju merek-merek truk ringan keluaran Jepang. Ini lantaran dilihat dari spesifikasi pokoknya, Tata Ultra 1012 yang tak terpaut jauh dari kompetitornya dari Jepang.

Benarkah demikian? coba tengok dulu kelebihan yang dimiliki truk ini.

  1. Tata Ultra 1012 dibekali mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc yang mampu menghasilkan tenaga 125 Ps pada 2.400 rpm dan torsi 400 Nm @1300-1500 rpm. Transmisi Tata Ultra menggunakan G-550 dengan enam gigi overdrive (OD).
  2. Bak belakang untuk membawa muatan di truk ini memiliki kapasitas angkut sebesar 4-7 ton dengan dimensi panjang 6 meter dengan lebar 2,2 meter. Cukup besar dan panjang untuk sebuah truk ringan di kelasnya.
  3. Gross Vehicle Weight (GVW) Tata Ultra 1012 memiliki GVW 10.000 kg. Struktur rangka bodi, chassis dan kaki-kakinya juga kuat, khas truk India.
  4. Terdapat fitur kenyamanan bagi pengemudi antara lain power steering, seat adjuster, steering adjuster, weight control seat, serta tilt and telescopic collapsible steering. Untuk suspensi truk Tata ini dilengkapi parabolic leaf spring di bagian depan dan semi eliptic leaf pada bagian belakang. Kedua supensi tersebut dilengkapi shock absorber dan rubber bushing. Adapun chassis mengunakan teknologi Rolled Frame dengan material high tensile. Selain itu, Truk ini juga memiliki kapasitas kursi tiga buah dengan konfigurasi berjajar satu untuk sopir dan dua penumpang.
  5. Dari sisi keamanan Tata Ultra 1012 merupakan yang menggunakan full Air Brake dan ban radial tubeless. Ban radial menawarkan daya cengkeram kuat sehingga meningkatkan keamanan berkendara. Tak hanya itu, Tata Ultra ini juga menyajikan fitur-fitur keamanan, seperti neutral switch, side beam impact dan three points active retractable safety belt.
  6. Tata Ultra 1022 hadir dengan kombinasi antara teknologi terkini dan desain lebih modern. Untuk segala fungsi dan pemakai, , Tata Ultra 1012 menciptakan standar baru di segmen kendaraan komersial ringan di Indonesia dengan biaya terendah, keamanan yang baik dan aneka fitur.

 

Hits: 266

Tinggalkan Balasan