Karoseri Tentrem Ikut Rakit Armada Transjakarta Busway

Berita Terkini Bus Bus & Truk Transportasi
tentremJakarta, MobilKomersial.com – ┬áKaroseri bus Tentrem yang berbasis di Kota Malang, Jawa Tmur, ikut berpartisipasi memasok armada terbaru busway Transjakarta. Tentrem dipercaya merakit sejumlah armada Transjakarta menggunakan mesin Mercedes-Benz OH 1526.
Mercedes-Benz OH 1526 merupakan satu-satunya tipe sasis bus ukuran besar dengan suspensi ladder frame yang saat ini masih dipasarkan oleh Mercedes-Benz Indonesia.
Masuknya sasis Mercedes-Benz di jajaran armada busway Transjakarta merupakan hal menarik karena sudah cukup lama Mercedes-Benz tidaktentrem 1 memasok sasis untuk busway Transjakarta.
Sebelumnya, Mercedes-Benz pernah memasok sasis tipe mekanikal OH 1521/60 Intercooler untuk armada busway Transjakarta di koridor 1 (Blok M-Kota) bersama-sama dengan Hino yang menggunakan sasis Hino RG.

Armada Transjakarta busway terbaru dari Tentrem ini juga mengadopsi konsep layout kabin pada armada Transjakarta busway pada umumnya. Yakni, memasang bangku

Foto-foto: Koleksi Fagra Hanif/Forum Diskusi Transportasi Jakarta.
Foto-foto: Koleksi Fagra Hanif/Forum Diskusi Transportasi Jakarta.

penumpang hadap depan dan memisahkan kompartemen penumpang perempuan dengan penumpang pria masing-masing di bagian depan dan tengah-belakang.

Bus ini juga dilengkapi dengan sekat berupa dinding partisi yang memisahkan antara kompartemen penumpang dan kabin pengemudi. Kabin bus juga dilengkapi dengan handle grip untuk penumpang berdiri.
Selain Tentrem, sejumlah karoseri Tanah Air yang memasok armada untuk Transjakarta busway antara lain Karoseri Restu Ibu dan Rahayu Santosa (Bogor), Karoseri Laksana (Ungaran), serta Karoseri New Armada dan Trisakti (Magelang).
Penulis : M. Arief

Hits: 333

1 thought on “Karoseri Tentrem Ikut Rakit Armada Transjakarta Busway

Tinggalkan Balasan